Atlet Bulutangkis Legendaris Indonesia

Olahraga bulutangkis di Indonesia mempunyai peminat yang luar biasa. Tidak hanya anak-anak, kaum remaja dan dewasa pun menyukai olahraga yang satu ini. Indonesia sendiri mempunyai riwayat prestasi yang bagus terhadap olahraga bulutangkis. Hal ini tak lepas dari perjuangan para atlet bulutangkis Indonesia kini maupun dahulu. Berikut ini nama atlet bulutangkis legendaris Indonesia yang sempat mengharumkan nama Indonesia.

Image: Blibli.com
  1. Rudi Hartono Kurniawan

Rudy Hartono Kurniawan (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 Agustus 1949) adalah seorang mantan pemain bulutangkis Indonesia. Ia pernah memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 1980, dan Kejuaraan All England selama 8 kali pada tahun 1960’an dan 1970’an.

  1. Liem Swie King

Liem Swie King, (lahir di Kudus, Jawa Tengah, 28 Februari 1956) adalah seorang pemain bulutangkis yang dulu selalu menjadi buah bibir sejak dia mampu menantang Rudy Hartono di final All England tahun 1976 dalam usianya yang ke-20. Kemudian Swie King menjadi pewaris kejayaan Rudy di kejuaraan paling bergengsi saat itu dengan tiga kali menjadi juara ditambah empat kali menjadi finalis. Bila ditambah dengan turnamen “grand prix” yang lain, gelar kemenangan Swie King menjadi puluhan kali. Swie King juga menyumbang medali emas Asian Games di Bangkok 1978, dan enam kali membela tim Piala Thomas. Tiga di antaranya Indonesia menjadi juara.

  1. Alan Budikusuma

Alan Budikusuma Wiratama (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 Maret 1968) adalah mantan pemain bulutangkis Indonesia yang meraih medali emas bulutangkis pada Olimpiade Barcelona 1992 dalam nomor tunggal putra. Ia pensiun dari dunia bulutangkis setelah Olimpiade Atlanta 1996.

  1. Arby Bernardus Wiranata

Ardy Bernardus Wiranata, (lahir di Jakarta, 10 Februari 1970) adalah pemain bulutangkis Indonesia di era tahun 1990-an, juara Indonesia Terbuka 6 kali dan peraih Medali Perak Olimpiade Barcelona 1992. Ia adalah salah satu pebulu angkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

  1. Susi Susanti

Lucia Francisca Susi Susanti (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971) adalah seorang pemain bulutangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Selain itu, ia pernah juga meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.

  1. Icuk Sugiarto

Icuk Sugiarto (lahir di Solo, Jawa Tengah, 4 Oktober 1962) adalah juara dunia bulutangkis tahun 1983, yang juga adalah legenda tunggal putra bulutangkis Indonesia bersama Liem Swie King, Lius Pongoh, Hastomo Arbi, Kartono,dll serta pahlawan bulutangkis Indonesia di era 1980-an bersama pemain – pemain bulutangkis Indonesiayang lainnya.

  1. Tan Joe Hok

Tan Joe Hok alias Hendra Kartanegara (lahir di Bandung, Jawa Barat, 11 Agustus 1937) adalah pemain bulutangkis Indonesia di era tahun 1960-an. Ia adalah putra Indonesia pertama yang menjuarai All England dan meraih medali emas Asian Games. Selain itu, Ia bersama enam pebulutangkis Indonesia lainnya merebut Piala Thomas untuk pertama kalinya. Pada masanya, Tan Joe Hok mempunyai nama besar sebagai atlet kebanggaan Indonesia karena prestasinya mengharumkan nama bangsa.

Tags: