4 Cara Memilih Sekolah Dasar yang Bagus Untuk Anak

Image Source: TemanTakita.com

Bukan hal yang mudah bagi orang tua untuk memilih sekolah dasar yang bagus untuk anak. Perlu diperhatikan dan dipertimbangkan banyak hal dalam memilih sekolah dasar. Hal ini dikarnakan pada dasarnya sekolah yang bagus akan memberikan dampak yang positif bagi anak. Saat menjalani kehidupannya sebagai pelajar di sekolah, dampak positif perilaku anak menjadi hal yang perlu di ketahui oleh orang tua. Ketika ingin memilih sekolah dasar yang bagus untuk anak, pilihlah sekolah yang memiliki dan memenuhi standar pendidikan yang berkualitas unggul.

Sebagai solusi pandangan untuk orang tua yang sedang memilih sekolah dasar yang bagus, saya menganjurkan untuk mensurvei dan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Lingkungan sekolah dan lokasi sekitar sekolah. Sangat penting bagi anda mempertimbangkan sekolah dengan lingkungan dan lokasi sekitar yang baik dan kondusif. Biasanya sekolah yang bagus akan menempatkan lingkungan sekolahnya pada tempat tempat yang strategis. Hal ini dikarenakan untuk proses pembelajaran yang baik, sehingga pelajar tidak terganggu saat menjalani masa belajarnya. Memiliki akses menuju sekolah yang mudah dijangkau atau tidak berada dalam area yang dapat membahayakan anak.
  2. Sekolah yang terakreditasi. Sekolah yang bagus adalah sekolah yang memiliki akreditasi bagus pada tingkat pendidikan nasional. Prestasi yang sekolah dapatkan dari pemerintah berdasarkan hasil dari nilai-nilai sebagai berikut:
    • Memiliki tingkat kelulusan dengan nilai yang bagus dan biasanya lulusan dari sekolah ini banyak yang masuk ke sekolah SMP yang terfaforit atau SMP unggulan.
    • Memiliki tingkat kecerdasan dan berprestasi dalam setiap kegiatan perlombaan yang diadakan oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan metode yang diterapkan sekolah mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki para pelajar sesuai dengan karakteristik pribadi masing-masing pelajar.
    • Memiliki akreditasi sebagai sekolahan dengan taraf guru professional. Sekolah tersebut memiliki tenaga kependidikan yang professional  yang  memiliki VISI dan MISI yang bagus dan jelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perkembangan sekolah dari tahun ketahun yang semakin meningkat.
  3. Fasilitas sekolah menjadi keutamaan yang harus dipertimbangkan oleh anda. Dalam hal memilih sekolah yang bagus, sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang dikelola dengan baik tentunya akan menyediakan fasilitas sebagai berikut:
    • Ruang kelas yang nyaman
    • Tempat UKS
    • Perpustakaan
    • Ruang Kesenian
    • Lapangan olahraga yang efisien
    • Mushola (tempat ibadah)
    • WC yang bersih
    • Dan Lab Multimedia
  4. Sekolah yang bagus biasanya mengadakan tes masuk. Para calon pelajar yang ingin mendaftar akan melalui uji tes yang dijadikan pertimbangan pihak sekolah untuk  penerimaan para calon pelajar  disekolah tersebut. Tes masuk biasanya hanya  diadakan di sekolah tertentu yang memiliki akreditasi yang tinggi.

Demikian yang dapat saya informasikan kepada anda, sebagai dasar untuk mempertimbangkan cara memilih sekolah dasar yang bagus. Semoga bermanafaat untuk anda dalam memilih sekolah untuk anak dan semoga selalu diberikan kesuksesan untuk kita semua dalam berpartisipasi untuk masa depan anak.

Salam sukses dan terima kasih.

Tags: