Perbedaan Bahasa Inggris Amerika Dan Bahasa Inggris British

Perbedaan Bahasa Inggris Amerika Dan Bahasa Inggris British

Nah setelah memahami beragam macam dialek bahasa Inggris di dunia, jadi tau kan kalau meskipun bahasa Inggris sebenarnya lahir dari negara Inggris alias England, tetapi berkat kemajuan dunia komunikasi dan dunia hiburan di Amerika membuat dialek ala Inggris kalah populer dengan dialek ala Amerika. Malah kadang kita menganggap aneh dialek Inggris British dibanding ketika Anda mendengarkan dialek ala Amerika.

Ada beberapa perbedaan antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris ala British

. Perbedaan signifikan sih memang terletak pada pengucapan, misalkan penggunaan kata Cant dalam dua dialek. Dalam dialek Amerika kata cant dibaca “kenet” sedang dalam bahasa Inggris menjadi “kan” untuk membedakan dengan kata can  yang dibaca “ken”. Itu baru satu contoh lho….bisa sampe besok kalau saya bahas secara detil perbedaan pengucapan antara kedua dialek ini di sini.

Tetapi tidak hanya dalam pengucapan saja kedua dialek ini berbeda, karena Kamu juga bakal menemukan perbedaan penulisan untuk beberapa kata. Misalkan kata  Colour dalam penulisan bahasa British menjadi color dalam penulisan bahasa Amerika atau tulisan analyse dalam bahasa British menjadi analyze dalam penulisan bahasa Amerika. Ada pula penulisan center dalam bahasa Inggris Amerika dan centre dalam bahasa Inggris British, serta masih banyak lagi.

Dalam keseharian pula,perbedaan antara dua gaya bahasa ini tidak berhenti sampai dipenulisan dan pengucapan. Tetapi juga pada pemilihan kata spesifik dari tiap dialek. Misalkan kata lovely yang lebih sering digunakan dalam bahasa British untuk mewakili banyak makna dalam pengucapan Amerika. Lovely bisa menjadi sebuah penggambaran Beauty, wonderfull, Awesome dan sebagainya.

Contoh lain adalah penggunaan kata Lorry dalam dialek British sedang dalam dialek Amerika lebih suka menyebut truck.  Atau penggunaan kata lift pada dialek British dan penggunaan kata elevator dalam dialek ala Amerika. Ada masih sangat banyak perbedaan pilihan kata-kata yang sifatnya sangat spesifik untuk tiap dialek tersebut.

Bahasa Inggris ala Amerika terbentuk sejak ratusan tahun lampau sejak negara ini berdiri dan ingin membangun citra sebagai negara sepenuhnya terbebas dari pengaruh Inggris. Amerika cednerung lebih melakukan adaptasi penyederhanaan dalam penulisan supaya tulisan tidak terlalu jauh dari pengucapan. Ini berseberangan dengan gaya Inggris British yang masih terpengaruh gaya bahasa Perancis yang lebih tua. Tau kan gaya bahasa Perancis bisa beda sekali antara tulisan sama pengucapan.

Pembedaan didahului dengan pembuatan standar bahasa oleh Noah Webster yang membedakan gaya penulisan dan pengucapan ala Amerika dengan standar bahasa Inggris baku British yang terpaku dalam lembaga bahasa Oxford. Lembaga Oxford ini adalah lembaga baku bahasa Inggris induk di dunia yang sudah berdiri puluhan tahun lebih awal.

Hingga sekarang baik lembaga Webster maupun lembaga Oxford terus menerbitkan kamus standar bahasa mereka masing-masing untuk update gaya bahasa baru yang muncul di masyarakat. Uniknya meski lembaga Oxford sudah menerbitkan kamus standar secara berkala rupanya bahasa ini bukan bahasa pengantar sehari-hari di Inggris.

Ada setidaknya lebih dari 10 dialek lokal yang berbeda dengan dialek standar yang sudah ditetapkan lembaga. Ini karena negara Inggris merupakan kesatuan beberapa pulau yang membuat masing-masing membawa dialek lokal mereka sendiri. Hal ini tidak terdapat dalam bahasa Inggris ala Amerika.

Itu tadi hal-hal yang menjadi pembeda antara kedua dialek ini. Dengan semakin majunya dunia informasi dan komunikasi, maka Anda perlu semakin cepat dalam memahami dialek bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa pengantar internasional.

Tags: