Alat Kesehatan dan Kegunaannya

Image Source: Suara.Com

Bentuk tubuh yang ideal sangat diidam – idamkan oleh semua orang. Maka menjaga ketahanan bentuk tubuh sangatlah penting baik pria maupun wanita. Melihat keinginan banyak orang ini, kini banyak produsen alat kesehatan membuat berbagai macam alat untuk menjaga bentuk tubuh yang bagus. Alat – alat ini harga persatuannya cenderung sangat mahal, belom lagi biasanya tidak cukup satu alat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus. Ini disebabkan karena setiap alat biasanya memiliki kegunaan untuk membentuk otot bagian tubuh tertentu. Sehingga perlu di mix untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus di setiap bagian.

bagi sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan finansial untuk membeli alat – alat tersebut, tapi bagi orang yang mungkin tidak cukup banyak uang untuk membeli alat kesehatan tetap bisa menjaga bentuk otot tubuhnya dengan menyewa alat ini. Saat ini banyak sekali tempat fitness untuk umum. Jadi tidak ada penghalang lagi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan otot yang terjaga. Di bawah ini beberapa alat fitness yang biasa terdapat di tempat fitness.

  1. Vertical Row

Alat fitness ini cara latihannya seperti posisi sedang mendayung. Latihan ini bisa dilakukan dengan satu maupun dua tangan dengan posisi duduk maupun berdiri. Ada beberapa otot yang bisa dilatih dengan menggunakan alat ini seperti otot punggung belakang, bisep, rapesius dan deltoid. Row mechine ini posisi dan berat bebannya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita.

  1. Shoulder Press

Shoulder press dapat dilakukan dengan menggunakan dumbbell atau barbell dengan posisi duduk ataupun berdiri. Tujuan dari alat ini adalah untuk melatih otot bahu bagian depan dan samping. Selain itu sebenarnya lat ini juga bisa melatih otot lengan belakang dan leher

  1. Standing Leg Curl

Leg curl mechine dilakukan dengan cara berdiri. Alat ini berguna untuk melatih otot Quadriceps dan Vastus Medialis yang terletak pada paha depan. Tapi bagian paha belakang pun bisa dilatih dengan cara memposisikan tubuh tengkurap terhadap alat,kemudian angkat beban menggunakan kaki bagian belakang hingga mendekati pantat.

  1. Treadmill

Alat ini sangat populer dan laris di masyarakat karena alat ini memiliki funsi ganda. Pertama adalah untuk membakar lemak yaitu menggunakannya dengan intensitas rendah seperti jalan cepat. Untuk intensitas tinggi treadmill bisa digunakan untuk melatih sistem kardiovaskular.

  1. Sepeda Statis

Bersepeda adalah melatih sistem kardiovaskular yang baik. Maka alat sepeda statis adalah solusi bagi yang ingin bersepeda atau hanya ingin melatih kardio namun bisa dilakukan di rumah saja. selain itu ternyata sepeda statis juga bisa melatih jantung yang bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Alat – alat diatas memang bisa menjaga dan melatih ketahan organ tubuh. Namun tetap harus dengan pengawasan oleh para ahli karena kesalahan pemakaian justru bisa mengakibatkan cedera serius.

Tags: