Cara Memindah Apps Smartphone ke Memory Eksternal

Image Source: dasborandroid.blogspot.com

Menggunakan smartphone tentu memiliki keunggulan dibandingkan menggunakan ponsel lainnya. Salah satu keunggulannya adalah smartphone didukung oleh keberadaan memory eksternal yang memiliki ukuran yang sangat besar. Dengan demikian, anda pengguna smartphone dapat menyimpan berbagai macam data file di dalam memory eksternal yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Dengan banyaknya ruang yang tersedia pada memory eksternal, tentu akan sangat memudahkan para pengguna smartphone dalam menyimpan data – data yang berhubungan dengan smartphone tersebut. Namun, keberadaan kartu memory eksternal yang berada pada smartphone seringkali hanya digunakan oleh pengguna untuk menyimpan data. Padahal kartu memory eksternal yang notabene memiliki ruang yang sangat besar, mampu digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang berada di dalam smartphone. Dengan menyimpan aplikasi yang berada di smartphone ke dalam memory eksternal, tentu memory internal dari smartphone tersebut dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi baru lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memindahkan Apps smartphone ke memory eksternal. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Apps yang mana dapat digunakan tanpa harus bersusah payah untuk memindah aplikasi ke dalam memory eksternal. Dalam menggunakan Apps untuk memindahkan aplikasi ke memory eksternal, sudah terdapat pilihan untuk memindahkannya, yakni “Move to External Storage”. Untuk memindahkannya, anda dapat memilih tombol tersebut. Namun, ada beberapa aplikasi dari smartphone yang tidak dapat dipindahkan melalui cara tersebut lantaran pilihan “Move to External Storage” tidak tersedia di sana. Diantara beberapa aplikasi yang tidak dapat dipindahkan adalah facebook, twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan cara yang kedua yakni dengan menggunakan software Android DB. Android DB merupakan software yang digunakan untuk mengembangkan Android menjadi lebih canggih dan memaksimalkan cara kerjanya. Penggunaan software yang satu ini memang agak ribet lantaran software tersebut merupakan software pengembang Android. Melalui cara ini, anda dapat memindahkan aplikasi di smartphone anda dengan cara mengunduh Android DB terlebih dahulu. Setelah itu, anda dapat melakukan setting pada smartphone dengan mengaktifkan USB debugging pada pilihan developer. Setelah itu, anda dapat menjalankan Android Debugging tersebut. Kemudian, langkah selanjutnya adalah menjalankan Android DB dengan command prompt. Cara yang menjadi cara termudah adalah menggunakan folder platform-tools kemudian anda dapat menekan shift pada tempat yang kosong. Setelah itu, anda klik kanan dan akan muncul pilihan “open command window here” dan memilihnya. Setelah itu, lantas anda dapat menjalankan perintahnya. Adapun perintah – perintah yang harus diketik agar dapat dijalankan antara lain, adb devices, adb shell pm getInstallLocation (android versi kurang dari 4) atau adb shell pm get-install-location (android 4), adb shell pm setInstallLocation2 (android versi kurang dari 4) atau adb shell pm set-install-location2 (android 4). Setelah menjalankan 3 perintah tersebut dengan ketikan menggunakan bold, anda dapat memindahkan applikasi yang berada di dalam internal memory menuju eksternal memory.

Tags: