Cara Menghilangkan Goresan pada Cat Mobil

Cat mobil yang tergores dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kecelakaan mobil, keisengan remaja, parkir yang buruk dan salah perkiraan parkir merupakan kejadian biasa. Goresan mengurangi nilai tampilan mobil, tapi membengkelkan mobil untuk mengganti cat baru atau bahkan perbaikan kecil saja cukup menguras kantong. Gunakan langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan goresan cat pada mobil Anda tanpa harus ke bengkel.

  1. Menentukan apakah cat benar-benar tergores.

Seringkali kali apa yang tampak seperti goresan sebenarnya hanyalah garis bahan timbul karena suatu dampak. Hal ini dapat terjadi ketika mobil Anda bersenggolan dengan benda yang permukaannya lebih lembut daripada lapisan cat mobil Anda. Cacat jenis ini jauh lebih mudah untuk dihapus.

  1. Mencari tahu kedalamangoresan.

Mobil Anda memiliki 4 lapisan utama: top coat, surfacer, lapisan primer (electro-deposition) dan baja (base metal). Jika goresan hanya sedalam top coatatau surfacer, maka akan lebih mudah untuk dihapus. Jika Anda dapat melihat warna lain atau lapisan baja mobil, goresan tersebut sudah cukup dalam dan mungkin tidak bisa Anda perbaiki sendiri. Solusinya adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel resmi.

  1. Siapkanperalatan.

Cuci lalu keringkan mobil secara menyeluruh. Jika mobil kotor saat kita memperbaiki goresan, dapat menyebabkan goresan yang lebih banyak. Semprot area tergores dengan air.

  1. Mengamplas goresan.

Lekatkan amplas 2000-grit di sekitar pad amplas kemudian mulailah mengamplas searah dengan goresan.

Bilas daerah amplasan dengan air secara berkala.

Jika goresan lebih dalam dari top coat, gunakan amplas 1500-grit amplas di awal untuk lapisan permukaan dan kemudian ganti dengan amplas 2000-grit untuk menghapus goresan yang dibuat oleh amplas kasar.

  1. Menggosok area amplasan.

Oleskan cairan gosok ke area amplasan.

Dengan menggunakan pad penyangga, ratakan cairan ke sekitar area yang sudah di amplas. Jangan menyalakan buffer (kain penggosok) terlebih dulu.

Hidupkan buffer pada level terendah dan gerakkan merata di sekitar area amplasan selama kurang lebih 10 detik.

Naikkan kecepatan hingga 2000 RPM dan lakukan penggosokan selama 1 menit. Anda harus menggerakkan buffer dari sisi ke sisi kemudian bergerak ke bawah perlahan-lahan.

Lanjutkan sampai bekas amplasan memudar. Kira-kira memakan waktu hingga 5 menit, tergantung kedalaman goresan awal dan kecepatan buffer.

  1. Cuciarea amplasan.

Gunakan air bersih dan handuk lembut untuk menghilangkan residu cairan yang tersisa dari permukaan cat. Jangan terlalu ditekan untuk menghindari pengelupasan cat di area sekitar pengamplasan.

  1. Pakai car waxuntuk untuk menutup cat mobil Anda.

Setelah meratakan car wax, tunggu hingga kering. Lamanya tergantung dengan merk dan udara sekitar (biasanya 10 menit).  Usap dengan kain lembut. Bedakan kain lap bagian atas dan bawah mobil karena bagian bawah mobil lebih kotor.

Tags: