Tips Mengatur Keuangan Anda

Image Source: Dokteran.com

Anda sudah berpenghasilan? Bagaimanakah cara mengatur keuangan Anda? Sudah tepatkah? Pertanyaan ini mungkin akan membuat Anda kembali berpikir, apakah Anda sudah tepat dalam hal mengatur keuangan atau penghasilan selama ini.  Mengatur keuangan menjadi hal yang amat penting bagi yang sudah bekerja. Mengingat biaya hidup yang semakin hari semakin meningkat dan kebutuhan yang kian hari semakin bertambah. Oleh karena itu, kita harus cerdas dalam mengatur atau mengelola keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran. Berikut ini disajikan tips cerdas agar mampu mengatur keuangan dengan baik.

  1. Menetapkan anggaran keuangan

Penganggaran sangat penting dalam mengatur keuangan. Rencanakan semua pengeluaran secara objektif, artinya gunakan uang untuk kebutuhan yang pasti saja, kebutuhan seperti liburan, shopping¸dan sebagainya sebaiknya jangan terlalu diprioritaskan.

  1. Buatlah pembukuan dengan rapi dan teratur

Dalam mengatur keuangan Anda, buatlah pembukuan mengenai pemasukan dan pengeluaran dengan rapi dan teratur setiap bulannya. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui kebutuhan mana yang harus diutamakan dan kebutuhan mana yang harus dinomorduakan. Jika jumlah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, maka Anda sudah saatnya mengatur pengeluaran dengan bijak.

  1. Menahan diri dari produk diskon

Tawaran-tawaran mengenai produk diskon memang sangat menggiurkan, apalagi bila membandingkan dengan harga normal dari barang tersebut. Bisa saja yang awalnya kita tidak terlalu butuh, tetapi karena harga yang ditawarkan jauh lebih rendah kita akhirnya membeli produk tersebut. Jadi, pertimbangkanlah secara matang jika ingin membeli produk diskon yang pada akhirnya menguras kantong Anda.

  1. Melakukan riset sebelum membeli barang

Langkah ini juga perlu diperhatikan. Ketika Anda ingin membeli suatu barang, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu ke beberapa toko. Agar Anda mengetahui perbandingan harga produk yang ingin dibeli. Carilah toko yang harga produknya lebih murah dan tentu saja tetap berkualitas.

  1. Sisihkan uang setiap hari

Seberapapun penghasilan Anda, jangan lupa menyisihkan sebagian kecil uang Anda untuk ditabung. Walaupun itu sedikit, jika ditabung dalam beberapa waktu akan terkumpul menjadi banyak bukan?

  1. Hindari hutang

Sebisa mungkin hindari kebiasaan berhutang. Jalani hidup sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Karena apabila Anda sudah terbiasa dengan pola hidup berhutang, maka Anda akan kewalahan mengatur keuangan Anda untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Berinvestasi

Berinvestasi bisa menjadi salah satu cara yang perlu dipertimbangkan untuk menghadapi masa depan Anda yang jauh lebih baik. Dengan investasi, setidaknya Anda tidak terlalu kesulitan menghadapi suatu hal yang mengancam keuangan Anda. Saat ini, banyak jasa perusahaan yang menawarkan investasi. Konsultasikan keinginan investasi dengan orang yang tepat.

Demikian tips cerdas mengatur keuangan yang kami sajikan. Sudahkah Anda melakukannya? Jika belum, lakukanlah sebelum terlambat. Semoga berhasil !

Tags: