Ini Lho Manfaat dari No Bra Day

Sejak tahun 2011 silam, setiap tanggal 13 Oktober, seluruh dunia mengkampanyekan No Bra Day atau Hari tanpa Bra sebagai bentuk dukungan Breast Cancer Awareness dunia. Kegiatan ini mengajak para wanita di dunia untuk tidak mengenakan bra selama satu hari. Kampanye ini salah satunya bertujuan untuk memberi dukungan dan semangat pada breast cancer survivor di seluruh dunia.

Sebenarnya apakah ada pengaruh atau manfaat untuk tidak mengenakan bra? Dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan penggunaan bra, apalagi jika mengenakan bra yang tidak tepat ukurannya dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Padahal selama ini para wanita mengenakan bra untuk melindungi payudaranya.

Penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor dari University of Besancon Perancis, Prof. Jean Denis Rouillon menunjukan bahwa tidak ada manfaat yang berarti dari penggunaan bra. Justru sebaliknya, tanpa pemakaian bra sebagai alat penyangga akan membuat payudara wanita lebih sehat.

Dari penelitiannya yang dilakukan selama 15 tahun pada 330 wanita, bisa diambil kesimpulan bahwa bra dapat membahayakan kesehatan payudara karena dapat membuat nyeri punggung dan membuat payudara lebih kendur. Rouillon mengungkapkan bahwa dari segi medis, anatomi, dan fisiologis, payudara tidak mendapat manfaat dari pemakaian bra.

Rouillon juga menemukan bahwa adanya kenaikan puting sekitar 7 mm pada wanita yang rutin tidak mengenakan bra. Sebagian partisipannya juga menyatakan bahwa saat mereka tidak memakai bra, nyeri pada punggung menjadi berkurang.

Meski begitu, Rouillon tidak menyarankan para wanita untuk meninggalkan kebiasaan mereka mengenakan bra. Hanya saja, para wanita sebaiknya memperhatikan dengan detil dan tepat saat memilih jenis bra dan ukuran bra. Tak jarang wanita kesulitan menemukan bra yang tepat, kadang ukuran lingkar dada sudah sesuai, namun ukuran cup yang terlalu besar. Lebih baik menghindari membeli bra sebelum menemukan yang benar-benar nyaman.

Pemakaian bra yang tidak pas ukuran akan menghambat sirkulasi darah, menyebabkan iritasi, hingga dapat membebani kerja tulang punggung. Selain itu, disarankan juga setiap enam bulan sekali untuk mengganti bra lama dengan yang baru. Hindari pemakaian bra yang sudah berubah karena penyimpanan atau pencucian yang salah.

Demikian ulasan tentang manfaat peringatan no bra day. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kita semua.

Tags: