Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur wanita merupakan masa yang terjadi pada siklus haid, dimana sel telur yang telah matang sudah siap untuk dibuahi. Apabila tidak dibuahi oleh sel sperma, maka ia akan lepas dari rahim, dibuang melalui tuba falopi, dan keluar sebagai darah menstruasi. Jika seorang perempuan melakukan hubungan seksual saat masa subur, maka kemungkinan besar akan terjadi kehamilan. Setelah pada artikel terdahulu tentang mengenal waktu ovulasi sudah dibahas, kali ini kita akan belajar cara menghitung masa subur wanita. Masa subur wanita bisa dihitung melalui siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Ada dua cara menghitung masa subur wanita.

Image: CaraHarian.com

Cara menghitung masa subur wanita, dengan siklus haid teratur

Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur, maka masa suburnya berlangsung sehari sebelum atau setelah hari ke 14 sejak hari pertama menstruasi. Itu berarti, masa subur terjadi pada hari ke 13 atau ke 15 sejak hari pertama pada siklus menstruasi.

Cara menghitung masa subur wanita, dengan siklus haid tidak teratur

Sedangkan bagi wanita yang tidak memiliki siklus haid yang teratur, maka siklus menstruasinya harus dicatat setidaknya selama 6 kali siklus. Dari siklus menstruasi dengan hari terpanjang, dikurangi 11, maka akan diperoleh hasil kapan hari subur terakhir pada siklus menstruasi tersebut. Sedangkan siklus dengan hari terpendek, maka dikurangi 18. Contoh : siklus terpanjang = 30, siklus terpendek = 25, maka masa subur bisa dihitung, 30 – 11 = 19, dan 25 – 18 = 7. Maka dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa masa subur terjadi pada hari ke 7 sampai hari ke 19.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah dari sistem kalender ini, bunda bisa menggunakan kalender kehamilan (prenancy wheel). Dengan kemajuan teknologi yang ada, alat ini bisa membantu bunda menghitung masa subur kapanpun dan dimanapun.

Demikian bunda, penjelasan dan cara menghitung masa subur wanita. Dengan penjelasan ini harapannya bunda semakin bertambah wawasan dan mendukung bunda yang sudah berkeinginan untuk hamil. Karena pada masa subur ini kesempatan bunda untuk hamil lebih besar dibanding waktu lain diluar masa subur.

Tags: