Kebutuhan Tidur Anak Sesuai Usianya

Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa perkembangannya. Bahkan tak hanya tidur malam saja yang diharuskan untuk anak-anak, akan tetapi para ahli juga sangat menyarankan agar si kecil cukup istirahat dengan tidur siang. Tentu saja tetap ada batasan waktu tidur untuk anak-anak. Kebutuhan tidur anak pun berbeda-beda pada setiap umurnya. Ibuhamil.info akan berikan uraian tentang kebutuhan tidur anak sesuai dengan usianya pada artikel kali ini.

Image: Meetdoctor.com

Berikut kebutuhan tidur anak sesuai dengan usianya:

Usia di bawah 6 bulan

Anak-anak berusia kurang dari 6 bulan membutuhkan tidur sekitar 16 hingga 20 jam per harinya. Pada usia tersebut, bayi biasanya hanya bangun saat waktu makan, yaitu sekitar 2-3 jam. Memasuki usia 4 bulan, ritme tidurnya akan menjadi lebih stabil.

Usia 6 sampai 12 bulan

Pada usia ini, umumnya bayi akan tidur selama 11 jam saat malam hari, dan selama 3-4 jam pada siang hari, dan mulai tidak terbangun pada malam hari untuk makan.

Usia 1 sampai 3 tahun

Ketika si kecil mulai memasuki usia batita, setidaknya ia membutuhkan waktu tidur selama 10-13 jam perharinya. Ini termasuk waktu tidur siang sekitar 1-3 jam. Akan tetapi, hindari anak-anak tidur sebelum jam tidur malamnya, karena ini akan membuatnya sulit tidur dan mengganggu istirahat malamnya.

Usia 3 hingga 5 tahun

Pada usia ini, anak-anak membutuhkan waktu tidur termasuk tidur siangnya, kurang lebih selama 10 sampai 12 jam dalam sehari. Pada usia tersebut, biasanya si kecil sudah mulai aktif dengan berbagai aktivitas yang ia lakukan dan disarankan agar tidur malam lebih awal.

Usahakan agar si kecil terpenuhi kebutuhan istirahatnya, karena jika anak-anak kurang tidur, akan membawa dampak buruk bagi tubuh dan kesehatannya. Beberapa keluhan yang dirasakan si kecil saat kurang tidur diantaranya kurang konsentrasi, mudah lelah, dan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitasnya. Karena itu, disarankan untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan nyaman untuk si kecil. Orang tua dapat membacakan dongeng sebelum tidur atau membuat pencahayaan dalam ruangan lebih redup. Tidur siang juga akan membantu tidur malamnya lebih nyenyak dan tenang asal jam tidurnya tidak berlebihan.

Demikian informasi tentang kebutuhan tidur anak sesuai dengan usianya. Semoga menambah wawasan bunda semua tentang kebutuhan tidur anak.

Tags: