Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama

Image: Alodokter.com

Perkembangan janin pada trimester pertama dan yang terjadi pada minggu pertama adalah bertemunya sperma dan sel telur yang nantinya sperma akan membuahi sel telur

Kondisi ibu: pada tahap ini, ibu masih belum menyadari bahwa ibu sedang hamil meskipun sudah telat datang bulan.

Kondisi bayi: pada minggu pertama, janin sudah dibekali genetik 46 jenis kromosom. Pada tahap ini, embrio sudah membutuhkan nutrisi dari ibunya berupa oksigen.

Setelah bertemu pada minggu pertama, minggu selanjutnya pembuahan antar sperma dan sel telur akan terjadi.

Kondisi ibu: dengan adanya perubahan hormon, maka ibu akan lebih mudah sering merasa lelah dan emosi akan mulai berubah-ubah kadang bisa senang atau marah secara tiba-tiba.

Kondisi bayi: sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan mulai membelah menjadi dua sel, selama pembelahan terjadi, sel telur akan bergerak menuju rahim dari lubang falopi.

Saat kehamilan memasuki minggu ketiga, beberapa ibu masih belum menyadari kehamilannya.

Kondisi ibu: mulai dari tahap ini, ibu akan mengalami morning sick berupa mual muntah, perubahan berat badan dan selera makan.

Kondisi bayi: sel telur yang telah membelah yang jumlahnya mencapai ratusan ini akan menjadi satu kelompok dan menempel di dinding rahim. Saat itu plasenta mulai terbentuk dan berkembang menjadi bulat yang nantinya akan mentransfer nutrisi dari ibu ke bayi.

pada minggu keempat, sel telur yang telah bergabung tadi sudah berbentuk embrio, sehingga saat ibu melakukan tes kehamilan, dipastikan hasilnya akan positif

Kondisi ibu: akan terjadi peningkatan hormon progesteron pada tubuh si calon ibu dan payudara akan terasa melunak, namun masih belum terlihat pembesaran pada perut.

Kondisi bayi: embrio akan mulai membentuk struktur manusia. Mulai terbentuknya sel darah dan sirkulasi akan dimulai, lingkaran hitam untuk mata juga akan terbentuk pada tahap ini. Di akhir bulan pertama kehamilan, janin sudah berukuran sekitar 6-7 mm (seukuran biji apel).

Pada minggu ini, bayi masih berbentuk seperti biji apel dan disebut sebagai embrio

Kondisi ibu: masih belum banyak perubahan yang dialami oleh ibu. Biasanya kehamilan baru akan diketahui seelah melakukan pemeriksaan urine dengan est pack.

Kondisi bayi: akan mulai terbentuk tiga lapisan yaiu mesoderm, endoderm, dan ectoderm. Seiring bertambahnya usia kehamilan, maka bentuk waja janin akan mulai terbentuk dan mulai membentuk sedikit lipatan untuk telinga di sisi kepala.

Memasuk minggu keenam, jantung janin akan mulai berdetak

Kondisi Ibu: ibu akan mulai sering merasa ingin buang air kecil karena membesarnya rahim atau uterus, kadang kondisi ini agak menganggu di malam hari.

Kondisi bayi: muncul bakal tunas yang nantinya akan berkembang menjadi kaki, lengan, serta jari-jari tangan dan kaki yang sangat kecil. Selain itu, akan ada pembentukan tabung saraf (saraf tulang belakang, otak, dan jaringan saraf lain). Sisem pernafasan dan pencernaan juga sudah muai terbentuk.

Lengan janin akan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan, serta kondisi jantung yang sudah terbentuk lengkap menjadi bilik kiri dan bilik kanan

Kondisi ibu: pembuluh darah mulai berbayang di payudara yang akan menyebabkan payudara sedikit nyeri.

Kondisi bayi: alat indera dan sistem pencernaan mulai berkembang, tulang yang mulai terbentuk nantinya akan menggantikan tulang rawan, dan dari sini janin sudah melai bergerak meski ibu belum bisa merasakannya.

Pada minggu ini banyak perubahan yang telah terjadi pada janin, seperti organ tubuh kaki, lengan, bahu, mata serta telinga sudah terbentuk sempurna.

Kondisi Ibu:hormon progesteron mulai meningkat pada tubuh yang akan mengakibatkan ibu mengalami sembelit.

Kondisi bayi: saat ini bayi sudah memiliki panjang sekitar 2,4 cm dengan berat sekitar 9-10 gram. Kelopak mata, ujung hidung dann telinga mulai berkembang. Lengan mulai membesar dan memiliki siku. Saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, atau yang disebut brochi, mulai bercabang. Sekitar sepertiga dari tubuh bayi sudah terbentuk pada minggu ini.

Memasuki usia kehamilan 9 minggu, panjang janin mencapai sekitar 22-30 mm dan memiliki berat sekitar 4 gram.

Kondisi Ibu: perubahan fisik pada tubuh ibu mulai terlihat misalnya pada bagian payudara yang membesar.

Kondisi bayi: tubuh janin sudah terbentuk hampir sepenuhnya dan sudah mulai bergera serta sudah dapat dideteksi dengan USG. Pada tahap ini, janin sudah memiliki tangan, lengan, kaki, mulut, dan jari-jari yang sudah bisa membuka dan menutup serta mengepal dengan kuku-kuku yang mulai tumbuh. Telinga eksternal juga sudah mulai terbentuk.

Sudah berkembangnya organ reproduksi bayi namun jenis kelamin bayi masih sulit dibedakan melalui USG.

Kondisi Ibu: ibu akan mengalami peningkatan nafsu makan yang diringan dengan berat badan yang meningkat serta perut yang sedikit membesar.

Kondisi bayi: organ-organ dalam seperti paru-paru, otak, usus, ginjal, dan hati telah terbentuk dan mulai bekerja sama. Pertumbuhan sel otak pada bayi akan meningkat 250.000 sel saraf baru setiap menitnya. Pada tahap ini, ukuran kepala bayi sudah sebesar hampir setengah cari panjang seluruh badan.

Dengan bentuk bayi yang sudah berkembang pesat, maka kemungkinan untuk resiko keguguran akan berkurang

Kondisi ibu: memasuki akhir trisemester pertama, mual dan muntah (morning sick) juga mulai berkurang.

Kondisi bayi: fetus berukuran sekitar 4-6 cm jika diukur dari kepala hingga punggung. Semua bagian-bagian seperti kuku-kuku tangan dan kaki serta rambut mulaii tumbuh. Ibu juga sudah bisa merasakan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh janin.

Di akhir trisemeter pertama ini, panjang janin sudah mencapai sekitar 7,6-10 cm yang beratnya sekitar 28 gram.

Kondisi Ibu: keluhan-keluhan seperti rasa mual dan lemas akan berangsur hilang dan selera makan akan kembali normal.

Kondisi bayi: sudah bisa terlihat wajah bayi yang menyerupai manusia, jari-jarai kaki dan tangan sudah terpisah sepenuhnya. Pada tahap ini, sistem kemih dan sistem sirkulasi sudah muali berkeja, dan organ hati juga sudah dapat menghasilkan empedu.

Generate div table elements with this table generator, a free online tool! It is also capable of generating and convert grid elements.

Tags: