Rusak Akibat Merokok Ini diantaranya

Sejak dulu rokok dikenal sebagai salah satu penyebab berbagai masalah, tak hanya masalah kesehatan seperti batuk-batuk dan bau badan saja, dinding rumah pun bisa terkena dampaknya hingga menjadi berwarna kekuningan jika terlalu sering terpapar asap rokok. Akan tetapi, konsekuensi yang sebenarnya dihadapi oleh para perokok baik aktif maupun pasif adalah kerusakan organ dalam tubuh yang rusak akibat merokok. Meski menjadi konsekuensi yang paling berbahaya hingga menyebabkan kematian, masih banyak orang yang belum menyadarinya.

Saat mengisap dan menghirup asap rokok, setidaknya ada sekitar 7000 zat karsinogen yang masuk dalam tubuh. Zat-zat berbahaya ini akan mengenai mulai dari tenggorokan hingga organ-organ terkecil dalam tubuh manusia yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Ini mengakibatkan banyak organ dari tubuh yang rusak akibat merokok. Karena hal inilah, merokok menjadi salah satu penyebab kematian yang sebenarnya masih dapat dicegah.

Berikut ini beberapa organ tubuh yang paling rusak akibat merokok:

1. Paru-paru

Paru-paru merupakan organ dalam yang paling sering terkena dampak negatif secara langsung bahkan sampai rusak akibat merokok. Banyak penyakit paru-paru yang berawal dari kebiasaan merokok. Sebut saja kanker paru-paru, bronkitis, dan penyakit paru obstruktif kronik. Dari data medis yang ada bahkan disebutkan bahwa 80% kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok.

2. Kulit

Meskipun kulit merupakan organ terluas dan paling luas dalam tubuh manusia, banyak yang melupakan bahwa kulit juga merupakan organ manusia juga. jika dikaitkan dengan kebiasaan merokok, justru dampak negatif dalam tubuh manusia bisa terlihat dari kulitnya. Perubahan-perubahannya bisa dilihat dari munculnya keriput dan kantung mata, stretch mark, hingga kulit yang bersisik. Secara perlahan, keelastisitasan kulit juga berkurang sehingga membuat kulit mudah terserang penyakit.

3. Hati

Kerusakan pada Hati tidak hanya disebabkan karena sering mengkonsumsi alkohol saja, tetapi kebiasaan merokok pun bisa menjadi penyebab utama rusaknya hati. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker menjadi melonjak drastis. Hampir 50 persen dari penyebab kanker hati adalah karena kebiasaan merokok. Sedangkan sisanya berkaitan denga hepatitis C sebanyak 21%, 16% obesitas, 13% hepatitis B, dan sisanya karena konsumsi alkohol.

4. Mata

Sebelumnya telah disebutkan bahwa merokok dapat membuat kantung di bawah mata. Akan tetapi tidak hanya sesimpel itu dampak yang diakibatkan oleh merokok. Kebiasaan merokok juga erat kaitannya dengan resiko kebutaan dan penyakit mata lainnya seperti katarak, retinopati diabetes, degenerasi makula, dan sindrom mata kering.

5. Organ Reproduksi

Baik pria maupun wanita sama-sama berisiko terkena dampak negatif pada organ reproduksi mereka akibat merokok. Pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Banyak kasus-kasus wanita yang sulit untuk hamil karena kebiasaan merokok mereka. Hal ini dikarenakan merokok dapat meningkatkan embrio matang di luar dinding uterus. Selain itu, merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan bayi setelah lahir. Sedangkan bagi pria, kebiasaan merokok akan mengurangi kemampuan ereksi dan impotensi.

Demikian informasi tentang organ – organ tubuh yang paling rusak akibat merokok. Dengan informasi ini semoga memberikan wawasan tentang bahaya merokok yang menyebabkan banyak kerusakan di dalam tubuh kita.

Tags: