Saat Usia Kehamilan 8 Bulan Hindari Hal Ini

Saat usia kehamilan 8 bulan, Ibu akan merasakan perubahan yang cukup signifikan dalam diri Ibu. Dengan keberadaan bayi yang semakin terasa, naluri keibuan akan semakin kuat dan mulai nampak terlihat. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, para calon ibu akan semakin waspada dan berhati-hati agar kehamilan tetap aman hingga waktu persalinan nanti.

Image: LuviZhea.com

Saat usia kehamilan 8 bulan, biasanya para calon ibu rajin menghitung hari sebelum mendengar tangisan bayi yang lahir ke dunia untuk pertama kalinya dalam hidup seorang wanita. Mengingat momen kehamilan yang begitu berat, mendebarkan, sekaligus membahagiakan, tentu para Ibu ini tidak mau pengorbanan mereka selama ini tak berarti hanya karena suatu hal sepele yang mereka lakukan. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kehamilan agar tetap aman, sehat, serta nyaman.

Ibu harus selalu ingat bahwa kehamilan bukan hanya berkenaan dengan satu nyawa sendiri. Ada janin yang ibu juga harus bertanggung jawab dengan kesehatan dan keamanannya. Karena itu, untuk menjaganya, tidak hanya faktor fisik saja yang perlu diperhatikan, namun juga faktor psikologis yang cukup berpengaruh pada janin.

Berikut ini beberapa hal yang ada baiknya ibu hindari saat usia kehamilan 8 bulan:

Stres

Stress masuk dalam deretan pertama hal-hal yang perlu dihindari saat hamil, baik fisik maupun mental. Stress saat hamil tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan ibu, namun juga kesehatan janin. Emosi yang dirasakan ibu akan diteruskan kepada janin, sehingga dapat mempengaruhi perkembangannya. Karena itu, dianjurkan para ibu hamil untuk menjalani kehamilannya dengan rasa bahagia agar baik Ibu dan janinnya tetap sehat.

Melakukan Perjalanan Jauh

Memasuki usia kehamilan trimester terkahir, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh yang membutuhkan waktu yang cukup lama karena waktu kelahiran yang semakin dekat sehingga bayi bisa keluar kapan saja. Selain itu, perjalan yang jauh dan lama juga cukup melelahkan sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi kesehatan ibu dan janin.

Diet

Mengurangi mengonsumsi makanan atau diet lebih baik dihindari menjelang kelahiran si kecil. Diet saat hamil merupakan hal yang tidak disarankan karena dapat menganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh kembangnya. Lebih baik ibu mengurangi konsumsi makanan berpengawet, dan menambah konsumsi sayur, buah, serta lauk-pauk yang kaya akan protein, kalsium, serta zat besi yang penting untuk kesehatan ibu dan janin.

Makanan Pedas

Meskipun tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan pedas, akan tetapi ada baiknya jika menghindari makanan pedas, terutama saat kehamilan menginjak usia trimester ketiga. Makanan pedas dikhawatirkan dapat mengganggu sistem pencernaan, sehinga membuat badan tidak enak dan ibu merasa cemas. Tentu saja kondisi tersebut tidak baik untuk janin yang sedang berkembang.

Demikian bunda beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat usia kehamilan 8 bulan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bunda semua.

Tags: