Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Melihat manfaat ASI yang sangat penting bagi bayi, tentu semua Ibu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya dengan mengupayakan pemberian ASI eksklusif. Tapi tahukah kalau ternyata menyusui tidak hanya baik bagi bayi, akan tetapi juga sangat baik bagi Ibu. Nah, kali ini ibuhamil.info akan mengulas tentang apa saja manfaat menyusui bagi ibu.

Berikut beberapa manfaat menyusui bagi Ibu:

1. Menyehatkan jantung

Seperti yang tertulis di jurnal Obstetrics & Gynecology, menyatakan bahwa menyusui lebih dari 12 bulan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung bagi wanita hingga 10 persen. Selain itu, menyusui juga dapat mengurangi risiko wanita terkena kolestrol tinggi dan mengalami tekanan darah tinggi secara signifikan dibanding dengan wanita yang tidak menyusui.

2. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Oncology menemukan bahwa ibu menyusui memiliki risiko terkena beberapa jenis kanker payudara lebih rendah. Studi ini dilakukan dengan mempelajari 27 kompilasi penelitian medis mengenai seberapa sering seorang wanita yang menyusui memiliki risiko terkena kanker payudara.

Hasilnya, ibu menyusui memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena kanker payudara ‘triple negative’, yang merupakan kanker yang tidak memiliki penanda hormon umum seperti reseptor progesteron, reseptor estrogen, dan human epidermal growth factor receptor 2.

3. Mencegah diabetes

Penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh, Amerika Serikat, menunjukan bahwa ibu yang tidak menyusui memiliki risiko lebih tinggi lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 (diabetes yang disebabkan oleh gaya hidup). Penelitian dilakukan dengan melakukan studi pada 2.233 wania berusia 40-78 tahun. Hasilnya menunjukan 27 persen ibu yang tidak menyusui memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 hampir dua kali lipat dibanding ibu yang menyusui atau wanita yang belum pernah melahirkan.

Asisten profesor di University of Pittsburgh Center for Research on Health Care, Dr Eleanor Bimla Schwarz, menjelaskan bahwa setelah setahun menyusui didapatkan bahwa kemungkinan wanita mengalami tekanan darah tinggi menurun sebesar 12 persen, diabetes menurun sebesar 20 persen, tingkat kolesterol yang tidak normal menurun sebesar 19 persen dan risiko penyakit jantung menurun sebesar 9 persen dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

4. Menurunkan berat badan

Bagi para ibu yang ingin menurunkan berat badannya pasca melahirkan, menyusui si kecil secara eksklusif bisa menjadi metode yang praktis dan mudah dilakukan. Selain membantu ibu menghilangkan lemak-lemak yang tertinggal, menyusui juga ikut berperan mengasilkan hormon oksitosin yang membantu tubuh ibu kembali fit.

Demikian bunda beberapa manfaat menyusui bagi ibu. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.

Tags: