tips mengatur pola makan saat kehamilan muda

Kehamilan menjadi saat yang menyenangkan bagi pasangan suami istri. Terutama yang sedang hamil untuk pertama kalinya. Banyak belajar, berdiskusi dengan sahabat atau konsultasi dengan dokter sangat penting dilakukan. Pada artikel kali ini akan kita bahas masalah mengatur pola makan saat kehamilan muda. Karena pada kehamilan muda menjadi saat yang menentukan kesehatan ibu hamil dan dedek bayi sampai dengan kelahiran nanti.

Image: Orami.co.id

Saat usia kehamilan muda yaitu memasuki trimester pertama, selain mengkonsumsi makanan-makanan yang direkomendasikan, ada baiknya pola makan juga perlu diperhatikan. Meski mengalami mual dan muntah, namun tetap harus ada nutrisi yang diasup. Dengan mengatur pola makan ini, maka kemungkinan Ibu hamil kekurangan nutrisi akan berkurang.

Berikut ini beberapa tips mengatur pola makan saat kehamilan muda

1. Makan lebih sering dengan porsi yang sedikit

Cara mengatur pola makan kehamilan muda yang pertama adalah dengan makan porsi sedikit tapi sering. Saat hamil muda, rasa mual kerap muncul. Akibatnya banyak Ibu muda yang enggan menyentuh makanannya, kalaupun bisa, Ia hanya sedikit mengkonsumsinya. Karena itu, disarankan bagi Ibu hamil, lebih baik makan sedikit tetapi dengan intensitas yang sering. Dengan begitu, Ibu hamil tidak akan kekurangan nutrisi. Saat hamil, Ibu bisa makan hingga 6-8 kali sehari dengan porsi yang sedikit.

2. Konsumsi biskuit atau cemilan kecil saat muntah atau mual

Rasa mual dan muntah biasanya terjadi saat pagi hari. Karena itu, sesaat setelah bangun pagi, Ibu hamil disarankan tidak langsung makan besar. Konsumsilah beberapa makanan kecil seperti biskuit, baru dilanjutkan dengan sarapan pagi. Dengan demikian kehamilan muda bunda tetap terjaga karena diwaktu pagi asupan nutrisi sudah masuk ke tubuh.

3. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Saat kehamilan muda atau trimester pertama, Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Makanan berserat tinggi bisa mengurangi risiko mengalami konstipasi selama masa kehamilan.

Selain tips-tips diatas, ada baiknya Ibu mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter atau bidan. Mungkin saja ada beberapa jenis makanan yang memicu alergi, sehingga makanan-makanan ini bisa dihindari. Semoga bermanfaat

Tags: