Atasi Kerusakan Rambut Dengan Masker Rambut Alami Ini

Masker rambut memang menjadi salah satu pilihan wanita modern untuk menjaga keindahan dan kecantikan rambut mereka. Mungkin ladies juga salah satu penggemar masker rambut ini. Ya rambut memng merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang memerlukan perawatan sedikit ekstra dan telaten. Namun sayangnya seiring dengan perkembangan zaman, banyak wanita yang ceroboh dalam merawat rambut mereka. Pemakaian shampoo yang tidak cocok, seringnya memakai hair drayer, pemakaian pengeriting dan pelurus rambut, sering gonta ganti warna rambut, polusi dan paparan sinar matahari menjadi beberapa faktor penyebab rusaknya rambut anda. Akibatnya rambut ladies menjadi kering, kusam, pecah, bercabang dan berketombe. Jika masalah itu terjadi, tentu saja akan mengurangi nilai kesempurnaan dan kecantikan anda ladies.

Image: seruni.id

Nah salah satu cara untuk mengatasi kerusakan rambut ini adalah dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut akan membantu anda mengembalikan vitalitas rambut serta menjaga kelembutannya. Dan ladies daripada merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli masker rambut, mengapa tak mencoba untuk membuat sendiri saja? Ya masker rambut alami yang terbuat dari buah-buahan yang disediakan oleh alam dan mungkin beberapa diantaranya ada di dalam kulkas ladies. Masker rambut alami dari buah ini aman dan tak menggunakan bahan kimia sama sekali. Berikut ini cara membuat masker alami dari buah untuk rambut anda.

  • Untuk rambut rusak karena bahan kimiawi. Rambut rusak karena bahan kimiawi ini bisa berupa salah memilih shampoo, tonik rambut atau gonta-ganti warna rambut. Cara membuat masker rambut untuk kerusakan tipe ini adalah haluskan pisang, lalu campurkan dengan kuning telur hingga rata. Tambahkan 3 sendok air lemon lalu gunakan campuran ini untuk masker rambut anda.
  • Rambut rusak dan kering. Paparan sinar matahari dan polusi akan membuat rambut anda menjadi kering dan rusak. Dehidrasi pun menjadi salah satu penyebab rambut kering ini. Untuk mengatasinya, buatlah masker yang terdiri dari pepaya, pisang, bubuk daun intaran dan air hangat. Haluskan pisang dan pepaya, tambahkan bubuk daun intaran lalu masukan sedikit air hangat. Gunakan campuran ini untuk masker rambut kering anda.
  • Rambut rusak dan rontok. Nah untuk rambut yang rontok, masker rambut yang cocok untuk anda adalah campuran buah alpukat, teh hijau, bubuk fenugreek, dan secangkir air hangat. Haluskan alpukat, tambahkan sedikit air lalu masukkan bubuk fenugreek (helba) dan teh hijau. Campur hingga merata dan gunakan untuk masker guna mengatasi rambut rontok anda.
  • Rambut rusak berketombe. Untuk rambut rusak berketombe, siapkan masker yang dibuat dari campuran buah goosebery, lemon dan yoghurt. Cara membuat masker rambut untuk ketombe ini, haluskan buah gooseberry hingga menjadi jus. Tambahkan beberapa tetes lemon dan dua sendok makan yoghurt. Gunakan serutin mungkin untuk mencegah munculnya ketombe.
  • Rambut rusak kusut. Nah bagi rambut yang sering kusut, buatlah masker rambut dari campuran santan, jus lemon dan 3 sendok makan bubuk hibiscus. Campur semua bahan menjadi satu kemudian gunakan untuk masker rambut anda.