Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Alami Mengatasinya

Ladies sering mengalami kepala berketombe dan gatal? Yuk kita kenali bersama apa sajakah penyebab ketombe itu dan cara alami yang aman dan sehat untuk mengatasi masalah rambut yang satu itu. Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang umum dihadapi oleh manusia tak peduli apakah itu laki-laki atau wnaita. Menurut ilmu kedokteran sendiri ketombe atau memiliki nama ilmiah Pityriasis capitis adalah peristiwa pengelupasan sel kulit mati yang berada di kulit kepala. Sebenarnya fenomena pengelupasan di kulit kepala manusia ini wajar terjadi loh ladies karena itu adalah suatu proses alami dari regenerasi kulit kepala kita. Namun, pengelupasan kulit ini menjadi tidak normal jika terjadi secara berlebihan, terus menerus, menjadi kemerahan dan menyebabkan terjadinya iritasi. Selain sebagai reaksi alami pengelupasan kulit kapal, ketombe bisa juga merupakan gejala gangguan kulit kepala atau rambut lainnya misalnya seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut.

Image: Stronglola.com

Selain proses alami pengelupasan kulit kepala, ada beberapa penyebab lain kenapa ketombe itu bisa muncul di kepala kita. Nah apa sajakah penyebab ketombe bisa muncul di wajah kita ini?

  • Kondisi kulit kepala. Seperti saya sebutkan kondisi kulit kepala bisa menjadi penyebab utama kenapa ketombe muncul di kepala para ladies. Kondisi kulit kepala yang terlalu kering, lembab dan kotor bisa memancing timbulnya ketombe di kulit kepala kita.
  • Overheating. Overheating atau terlalu panasnya kulit kepala juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe di kepala kita. Penggunaan hair dreyer atau kerudung tanpa mengeringkan rambut secara alami terlebih dahulu menyebabkan sel kulit di kepala cepat mati sehingga ketombe pun lebih mudah terjadi.
  • Masih ada sisa shampoo di kepala. Harusnya shampoo itu membantu ladies dari serangan ketombe. Namun jika ladies tidak bersih membilas rambut saat keramas dan masih menyisakan shampoo di rambut, bukan tak mungkin ini akan menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe di kulit kepala kita.
  • Makanan. Meski belum ada penelitian ilmiah, namun beberapa makanan seperti produk olahan susu, gorengan, makanan terlalu pedas, terlalu banyak gula dan terlalu panas diklaim bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe di kulit kepala.
  • Stress. Dan penyebab terakhir munculnya ketombe di kulit kepala kita adalah faktor hormonal yang dipicu oleh stress.

Keramas teratur dengan shampoo khusus anti dandruff bisa membantu ladies mengatasi masalah ketombe. Namun ada juga cara alami yang bisa para ladies coba untuk melenyapkan ketombe ini terutama yang membandel dan sering muncul kembali di kepala. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk menghilangkan ketombe secara alami, selamat mencoba.

  • Menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya bisa membantu para ladies untuk menghilangkan ketombe secara alami loh. Cara menggunakannya juga relatif gampang. Ambil beberapa daun lidah buaya, cuci bersih kemudian belah menjadi dua bagian. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut anda sebagaimana biasanya.
  • Jeruk nipis dan lemon. Buah yang berasa asem kecut ini mengandung vitamin C dalam intensitas tinggi yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan ketombe di kepala para ladies. Caranya oleskan jeruk nipis terlebih dahuu di kepala anda secara merata. Setelah itu, gunakan perasan lemon utuk membilas rambut anda tersebut. Setelah dirasa cukup merata bilas lagi sisa jus lemon itu dengan air hingga bersih.
  • Olive oil. Olive oil atau minyak zaitun pun bisa membantu menghilangkan ketombe secara alami. Caranya gunakan minyak zaitun untuk mengkramasi rambut ladies sambil dipijit-pijit kulit kepalnya. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan esktra virgin olive oil yang belum tercampur oleh zat apapun.
  • Apel. Apel selain lezat dikonsumsi juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya ambil buah apel, cuci bersih kemudian blender hingga menjadi jus. Gunakan jus apel ini untuk mengkramasi kulit kepala ladies dan kemudian diamkan kira-kira 15 menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan rambut seperti biasa.

Tags: