Kulit Muka Bersih Dan Sehat Dengan Aneka Resep Masker Wajah Alami

Aneka Resep Wajah Alami – Punya kulit wajah yang bersih, sehat dan lembut adalah idaman setiap orang, tak peduli apakah itu pria atau wanita. Nah jika anda ingin punya kulit wajah yang bersih dan sehat, namun tak harus mengeluarkan uang terlalu banyak, berikut ini ada beberapa resep masker wajah alami yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Image: Cantikitu.com

Seperti yang saya sampaikan di atas, memiliki wajah yang lembut, bersih, dan bebas jerawat adalah idaman setiap orang. Kaum Hawa disebut sebagai pihak yang sangat peduli degan perawatan wajah yang satu ini. Namun kini tak terbatas kaum wanita saja yang begitu peduli dengan perawatan wajah mereka. Kaum pria pun tak ingin kalah dan mulai memperhatikan kondisi kulit wajah mereka.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak klinik kecantikan atau salon untuk menawarkan program perawatan wajah yang menjanjikan kesempurnaan kulit muka dengan cara yang instant serta cepat. Hasilnya, viola,,,wajah pun menjadi bersih dan mulus hanya dengan beberapa kali perawatan serta krim yang disertakan salon atau klinik tersebut.

Namun jangan senang dulu bagi anda yang biasa melakukan perawatan wajah di salon atau klinik kecantikan. Tahukah anda bahwa perawatan wajah yang menjanjikan hasil instant dan cepat itu sebenarnya tidak aman? Menurut badan POM banyak klinik kecantikan atau bahkan salon yang menyalahgunkan bahan kimia berbahaya seperti Merkuri atau timbal sebagai bahan untuk krim pemutih dan pembersih wajah yang mereka jual kepada konsumen. Meski tak semua klinik kecantikan atau salon perawatan wajah melakukan kecurangan tersebut, tetap saja hal ini membuat kita sebagi konsumen merasa khawatir. Alih-alih mendapat wajah yang bersih, mulus dan bebas jerawat. Yang ada malah kulit wajah kita semakin rusak dikarenakan memakai krim berbahaya untuk perawatan wajah kita ini.

Daripada merasa khawatir wajah kita semakin rusak karena memakai krim berbahaya, kenapa tak mencoba membuat masker wajah alami yang tentu saja lebih aman dan sehat. Membuat masker wajah alami ini tak terlalu sulit loh, karena umumnya bahan-bahannya bisa didapat di mana saja, mulai dari dapur rumah anda sendiri, halaman, pasar tradisional dan pasar modern. Dan satu lagi, bahan masker alami yang bermanfaat untuk merawat kulit wajah kita ini harganya relatif murah dan terjangkau. Anda tak perlu mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah selayknya ketika melakukan perawatan di salon atau klinik dan membeli krim-krim yang belum tentu cocok untuk anda. Resep masker alami ini adalah warisan nenek moyang dan digunakan turun temurun sebagai perawatn rutin putri-putri keraton di masa lalu. Nenek moyang kita tetap melestarikan resep warisan masker wajah alami ini kepada kita anak cucu mereka. Dan tentu saja meski tak menjanjikan hasil yang instant dan cepat, namun masker wajah alami dari bahan-bahan yang mudah didapat serta murah ini akan lebih aman untuk kulit wajah kita.

Nah, jika sista dan agan ingin membuat masker wajah alami yang lebih sehat dan aman, disini saya telah memposting beberapa resep yang mungkin bermanfaat untuk anda. Berikut ini resep masker wajah yang alami untuk membuat kulit muka anda semakin lembut, bersih, bebas jerawat dan segar. Selamat mencoba.

  • Masker Bengkoang. Salah satu resep warisan nenek moyang yang terjaga hingga kini dan menjadi rahasia kehalusan kulit putri raja adalah masker bengkoang. Bengkoang atau Pachyrhizus erosus adalah tanaman umbi yang memiliki khasiat untuk menyegarkan dan memutihkan kulit wajah. Cara membuat masker bengkoang ini cukup mudah. Pertama kupas dan cuci bersih umbi bengkoang yang akan anda gunakan. Potong-potong menjadi beberap bagian kemudian parut hingga halus bengkoang tersebut. Setelah itu gunakan sebagai masker dan diamkan hingga kering. Bilas dan cuci bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan putih serta sehat.
  • Masker Madu. Madu adalah rahasia ratu Mesir, Cleopatra untuk menjaga kehalusan dan kelembaban kulit wajahnya. Cara membuat masker madu adalah sebagai berikut. Pertama ambil dua sendok madu murni kemudian campurkan dengan beberapa tetes air lemon. Aduk rata. Oleskan campuran madu dan lemon itu pada wajah sebagai masker dan diamkan hingga kering. Bilas wajah anda hingga bersih dengan air hangat dan keringkan dengan lap yang lembut.
  • Masker Putih Telur. Putih telur kaya akan kandungan protein yang ternyata tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda. Putih telur juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah sebagai masker alami. Caranya, ambil sebutir telur, pecahkan kemudian pisahkan putih dan kuningnya. Selanjutnya dengan kuas yang lembut, oleskan putih telur tersebut secara merata ke wajah anda. Tunggu hingga masker putih telur ini mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat dan keringkan wajah anda menggunakan tissue atau washlap yang lembut.
  • Masker Tomat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) ternyata sangat bermanfaat untuk menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat. Nah membuat masker Tomat pun cukup mudah. Pertama ambil tomat yang cukup besar dan matang, kemudian cuci bersih. Potong-potong tomat lalu blender hingga halus. Setelah halus, campurkan bubur tomat ini dengan beberapa tetes lemon, aduk rata. Oleskan masker tomat ini hingga merata pada wajah anda dan tunggu hingga kering. Setelah kering bilas dengan air hangat kemudian lap dan keringkan wajah anda.
  • Masker Alpukat. Alpukat atau Persea americana ini tinggi akan kandungan vitamin K dan asam Amino yang bermanfaat untuk melembabkan, menghaluskan dan mencerhakan kulit wajah kita. Cara membuat asker alpukat ini adalah sebagai berikut. Ambil buah alpukat yang cukup matang, potong dan ambil dagingnya. Selanjutnya haluskan daging alpukat dengan sendok atau garpu. Setelah halus, balurkan secara merata di wajah anda dan diamkan selama 30 menit. Setelah kering bilas wajah anda degan menggunakan air hangat.
  • Masker Pisang. Pisang tanaman suku Musaceae ini menurut para ahli mengandung vitamin A, B kompleks dan C yang sangat berkhasiat untuk melembabkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah kita. Cara membuat masker pisang ini adalah sebagai berikut. Pertama pilihlah pisang yang cukup matang, kupas kemudian haluskan dengan sendok ataupun garpu. Beri sedikit tetesan jeruk nipis atau lemon, aduk hingga rata. Balurkan ke sekujur wajah anda hingga merata kemudian diamkan sekitar 30 menit. Setelah cukup kering, bersihkan masker pisang ini kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.

Bagaimana? Resep masker wajah alami tersebut diatas cukup mudah dalam pembuatannya dan tentu saja akan membuat wajah anda mulus, bersih, segar dan bebas jerawat dengan cara yang aman dan sehat. Selamat mencoba.

Tags: