Home ยป Belajar Dari Hipwee: Cara Membuat Artikel Di Blog Yang Berpotensi Viral dan Mengundang Ribuan Share

Cara Membuat Artikel Di Blog Yang Mengundang Ribuan Share

Pernahkah kamu membaca artikel Hipwee? Pastinya pernah dong. Apalagi buat kamu yang sering galau, pasti suka baca artikel-artikel Hipwee. Salah satu kesuksesan Hipwee, artikelnya banyak dishare di media sosial. Hanya dalam beberapa jam saja, banyak artikel Hipwee yang dishare oleh ribuan orang.

target pembaca yang jelas

Sebagai seorang blogger, terus terang sudah sejak lama saya penasaran dengan kesuksesan Hipwee: bagiamana caranya membuat artikel yang viral. Karena rasa penasaran itulah saya memberanikan diri menulis sebuah artikel untuk Hipwee.

Beberapa hari yang lalu, salah satu artikel saya dimuat di situs Hipwee. Tulisan tersebut saya kirim untuk direview pada Senin sore, dan baru dimuat pada Selasa keesokan harinya sekitar jam 11. Baru 4 hari tayang, saya agak surprise karena ternyata tulisan tersebut telah dishare lebih dari 500 kali di media sosial. Padahal, konsep tulisan tersebut saya siapkan kurang dari satu hari.

Belajar dari Hipwee, saya ingin berbagi tips bagaimana cara membuat artikel di blog yang mengundang ribuan share di media sosial.

1. Tentukan Target Reader dengan Jelas dan Spesifik.

Hipwee menentukan target readernya dengan jelas sebagaimana dalam mission statementnya menjadi media top untuk anak muda Indonesia. Dengan target pembacanya yang anak muda, Hipwee dengan pintar menggaet anak muda menjadi penulis di Hipwee community. Tentu, tidak ada yang lebih memahami bahasa anak muda kecuali anak muda juga.

2. Buat Judul Artikel Yang Panjang, Menarik dan (Cenderung) Dramatis.

judul hipwee

Coba perhatikan 5 judul artikel Hipwee paling populer sepanjang masa berikut:

  • CEO Bukalapak: Kesuksesan Bukan Milik Mereka yang Sibuk Pacaran Saja. Di Masa Muda, Kamu Harus Mencoba Semua! (17 kata, 109 karakter)
  • Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Kesuksesan, Tekad dan Kerja Keras adalah Kunci Penting Meniti Karir Masa Depan (16 kata, 109 karakter)
  • Jangan Pernah Berhenti Berdoa, Meski Cobaan Terus Datang Mendera (9 kata, 64 karakter)
  • Kakak Perempuan Itu Luar Biasa Tangguhnya, Kamu Akan Bersyukur Karena Ada Dia Dalam Keluarga (14 kata, 92 karakter)
  • Berteman Dengan Mantan Adalah Bukti Kedewasaan. Ini 6 Alasan Untuk Menjalin Hubungan Positif Dengan Mantan (15 kata, 106 karakter)

Dari 5 judul artikel Hipwee paling populer sepanjang masa di atas, jumlah karakter untuk masing-masing judul terdiri dari 64 sampai 109 karakter. Hal ini berbeda dengan anjuran SEO on page yang menganjurkan judul tak boleh lebih dari 65 karakter.

Judul artikel di Hipwee tidak hanya terdiri dari 1 kalimat, kebanyakan terdiri dari 2 kalimat atau lebih. Tampak seperti paragraf.

3. Buat Format Tulisan Yang Konsisten

format tulisan yang konsisten

Jika kamu sudah pernah menulis untuk Hipwee, kamu akan tahu Hipwee punya format tulisan yang sangat konsisten. Ada 4 format tulisan atau artikel Hipwee yaitu Listicle, Quiz, Opinion dan Narasi. Setiap jenis artikel memiliki format yang restricted atau ketat.

4. Buat Artikel dalam Bentuk Listicle, Yaitu Artikel Yang Isinya List atau Sub Item

listicle

Dari keempat jenis artikel Hipwee, listicle adalah format yang paling populer. Listicle adalah gabungan dari kata list dan article, yaitu artikel yang isinya berupa list atau sub item.

Contohnya adalah artikel yang saya buat: Jangan Mau Jadi Karyawan Biasa-Biasa Saja. Lakukan 12 Langkah Ini agar Karir Kamu Meroket

Untuk format listicle, formatnya adalah sbb (jika ada 1 yang tidak diisi, artikel kamu tidak bisa diposting):

  • Judul Artikel
  • Kutipan
  • Paragraf Pembuka
  • Listicle
    • Sub item
    • Image atau foto
    • Sumber gambar
    • Link sumber gambar
    • Keterangan atau penjelasan sub item
  • Featured image atau gambar andalan
  • Sumber gambar utama
  • Link featured image
  • Tema atau Topic
  • Tags

By the way, artikel ini juga ditulis dengan gaya listicle ini ๐Ÿ™‚

5. Buat Judul Sub Item List Semenarik Mungkin Sama Seperti Bikin Judul

judul sub item

Sebagaimana membuat judul, judul sub item atau list artikelnya juga harus dibuat sepanjang dan semenarik mungkin.

6. Beri Gambar Ilustrasi Untuk Masing-Masing Item list

cara membuat artikel di blog

Pastikan setiap subitem dari listicle memilik gambar. Gunakan gambar yang bebas dipakai dan tidak melanggar hak cipta. Untuk mendapatkan gambar ilustrasi atau foto, kamu bisa mencarinya di situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay.

7. Gunakan Bahasa Yang Santai atau Semi-Formal, Jangan Bahasa Baku Seperti Menulis Skripsi

santai

Pembaca blog kamu bukanlah dosen pembimbing skripsi. Gunakanlah bahasa yang santai atau semiformal. Gunakan kata ganti untuk orang kedua dengan kamu, ketimbang lo atau Anda. Meski demikian, jangan menggunakan singkatan seperti lo, gw, kw, wkwk dsb yang terlalu banyak karena dikhawatirkan membuat pembaca bisa iritasi atau sakit mata ๐Ÿ™‚

8. Buat Artikel Yang Panjangnya Kisaran 1000 Kata atau Lebih

measurement-1476918_960_720

Faktor terakhir dari artikel Hipwee adalah tulisannya yang panjang. Panjang tulisan Hipwee yang paling populer ternyata lebih dari 1000 kata. Kalaupun tidak bisa sampai 1000 kata, lebih dari 500 kata sudah cukup bagus.


Comments

Belajar Dari Hipwee: Cara Membuat Artikel Di Blog Yang Berpotensi Viral dan Mengundang Ribuan Share — 20 Comments

  1. Kalau di blog Keluarga Biru memang saya sengaja pakai kata ganti Anda sebab segmennya keluarga muda ke atas.
    Makasih Mas tipsnya, moga bisa saya terapkan dan berhasil hehehe

    • Ada 4 format tulisan Hipwee Mas. Klo listicle memang harus pake gambar tiap sub item. Klo lainnya paling cuma 1 gambar. Tapi mabok juga klo tiap 1 tulisan 10 gambar. Hehe

Leave a Reply