Home » Panduan Lengkap dan Praktis Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog dalam 30 Menit

Panduan Lengkap dan Praktis Cara Membuat Blog dalam 30 Menit

Dewasa ini, bisnis online atau yang dikenal juga dengan istilah internet marketing (IM) mulai banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa bisnis online yang mulai menjamur di Indonesia misalnya blog, memproduksi video yang diunggah ke Youtube, hingga membuka toko online. Menjamurnya bisnis online disebabkan banyak faktor diantaranya yaitu potensi penghasilan yang cukup besar serta sifatnya yang fleksibel yang bisa dikerjakan dimana pun dan kapan pun.

Penampakan Penghasilan Mas Dian a.k.a Dian Umbara dari Google Adsense

Untuk menggambarkan betapa menggiurkannya bisnis online ini, Anda bisa menemukan banyak kisah sukses (success story) di internet, baik di mesin pencari atau pun di grup-grup di media social Facebook.

Sebagai contoh, pada awal Januari 2015 yang lalu, jagat internet marketing Indonesia pernah dibikin heboh dengan beredarnya foto milik seorang yang dikenal sebagai Dian Umbara, yang menampilkan setumpuk uang (pada gambar di atas) yang konon merupakan penghasilan dari iklan Google Adsense (GA) yang dipasang di beberapa blog yang dia miliki. Bahkan kalau kita mengikuti perkembangan Internet Marketing di Indonesia, banyak blogger Indonesia yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta per bulan dari blog.

Bahkan sebagai blogger paruh waktu dengan usia blog yang belum genap 1 tahun, saya sudah beberapa kali menghasilkan uang dari blog.

Pada tulisan ini, saya akan membahas step by step cara membuat blog dalam waktu singkat. Kisaran waktu yang dibutuhkan antara 30 menit sampai 1 jam.

Ada pun langkah-langkah membuat blog adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Nama Domain (Alamat Blog)

Langkah pertama untuk membuat blog yaitu menentukan nama domain. Apa itu domain? Domain yaitu alamat blog yang ditunjukkan dengan sebuah URL (Uniform Resource Locator) yang berakhiran .com, .net, .org, .id dll, misalnya http://www.siuntung.com. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih domain blog di antaranya jenis blog, jenis TLD, jumlah karakter, harga domain dan umur domain.

2. Membeli Paket Hosting

Jika domain adalah alamat url yang mengarah ke blog, hosting blog adalah tempat yang digunakan menyimpan file-file blog yang akan ditampilkan seperti tulisan, foto atau gambar dan video. Sama seperti domain, hosting blog bisa Anda beli pada perusahaan yang menyediakan jasa web hosting.

Untuk urusan hosting, saya selalu merekomendasikan teman-teman saya yang akan mulai ngeblog untuk membeli hosting di Niagahoster.com. Salah satu keunggulan Niagahoster adalah fasilitas hostingnya yang Unlimited dengan harga terjangkau. Niagahoster menyediakan sebuah layanan hosting yang Unlimited dimana Anda bisa dengan bebas meng-upload konten website Anda baik itu berupa gambar, video maupun jenis file lain tanpa harus takut kehabisan ruang atau space tersebut.

Selain itu, Anda akan mendapatkan domain gratis dengan membeli hosting di Niagahoster.

Langkah-langkah untuk membeli hosting adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman Niagahoster.
  2. Pilih Hosting pada menu utama, lalu pilih paket hosting yang Anda inginkan.
  3. Pilih paket hosting yang akan dibeli. Saya merekomendasikan untuk membeli paket Personal dengan harga Rp 38,900 per bulan (diskon 35%) dari harga normal Rp Rp58,000 per bulan. Anda bisa memilih durasi pembayaran per 6 bulan, 1 tahun, hingga 3 tahun. Klik “Selanjutnya” untuk mendapatkan domain gratis.cara membuat blog
  4. Pilih domain gratis Anda dengan cara ketik nama domain, lalu klik “Cari domain”.
  5. Jika domain yang Anda inginkan tersedia, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya, pilih periode tagihan dari 1 tahun sampai dengan 3 tahun, lalu klik “Tambah ke Cart“.
  6. Pada halaman selanjutnya, Anda akan menemukan halaman rincian order hosting dan domain. Periksa dengan seksama rincian tersebut, pastikan tagihan domain 0 alias gratis.
  7. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman “Checkout”. Pada halaman tersebut, Anda diminta untuk membuat akun baru di Niagahoster atau jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya, Anda bisa langsung login dengan mengetikkan alamat email dan password. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  8. Berikutnya, Anda akan menemukan halaman terima kasih. Pilih lanjutkan untuk memasuki laman member area. Di sana Anda akan menemukan tagihan yang harus dibayar, lengkap dengan cara pembayaran tagihan.
  9. Setelah pembelian Anda berhasil, Anda biasanya akan mendapatkan informasi cPanel yang berupa akun, password dan IP Address hosting.

3. Menginstall WordPress

Langkah terakhir cara membuat blog adalah menginstall WordPress. WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System), yaitu aplikasi atau software yang digunakan untuk mengatur bagaiaman blog Anda ditampilkan pada web browser. WordPress sendiri bukan satu-satunya CMS yang digunakan untuk mengelola konten blog. Namun demikian, CMS WordPress sangat baik digunakan karena mayoritas blog atau website yang ada di seluruh dunia, dibangun dengan menggunakan platform blog ini.

Untuk menginstall WordPress, ada beberapa cara yang bisa ditempuh yaitu dengan menginstallnya melalui Softaculous atau pun melalui FTP. Rekomendasi saya bagi Anda yang  baru mengenal blog yaitu menginstall melalui Softaculous.

Untuk menginstall WordPress melalui Softaculous, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke laman cPanel yang beralamat di http://NamaDomainAnda.com/cpanel, lalu masukkan email dan password Anda yang dikirim melaui email.
  2. Pada menu dashboard, cari dan pilih/klik “Softaculous Apps Installer” pada kategori “Software“.
  3. Setelah masuk ke halaman Softaculous, pilih WordPress, lalu klik Install
  4. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman setting instalasi WordPress berikut:
    • Choose Protocol: Protocol yang ingin Anda gunakan, tersedia http://, http://www., https:// dan https://www. Untuk pilihan yang paling banyak digunakan silakan pilih default http://.
    • Choose Domain: Pilih domain yang ingin Anda gunakan untuk menginstal WordPress. Jika Anda mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 hosting, maka akan mucul pilihan domain lainnya.
    • In Directory: Jika Anda ingin menginstal WordPress pada direktori lain, silakan isi sesuai keinginan Anda. Misalnya jika mengisi direktori tersebut dengan nama “blog” maka WordPress akan diinstal dan diakses pada com/blog, jika hanya ingin menginstal tanpa direktori atau pada domain utama saja, silakan kosongkan opsi tersebut.
    • Table Prefix: Tabel yang akan digunakan pada Database (Biarkan saja default).
    • Site Name: Nama situs Anda.
    • Site Description: Deskripsi situs Anda.
    • Enable Multisite (WPMU): Pilihan untuk mengaktifkan multisite pada WordPress Anda, opsi ini biasanya jarang diaktifkan, jadi jangan dicentang.
    • Admin Username: username untuk login pada dashboard WordPress.
    • Admin Password: password untuk login pada dashboard WordPress.
    • Admin Email: Email Anda yang akan digunakan untuk kebutuhan instalasi WordPress, dan biasa digunakan untuk reset password jika Anda lupa.
    • Select Language: Pilihan bahasa pada WordPress yang ingin Anda gunakan.
    • Limit Login Attempts: Plugin yang akan diinstal secara otomatis pada WordPress yang berfungsi untuk membatasi jumlah usaha login jika Anda salah memasukkan username atau password.
    • Select Themes: Jika Anda ingin menginstal WordPress berserta dengan Theme silakan pilih theme yang Anda inginkan, jika tidak abaikan saja opsi tersebut.
    • Email instalation details to: masukkan email Anda jika ingin menerima informasi secara detail mengenai instalasi WordPress yang Anda lakukan
    • Jika semuanya sudah selesaia, klik “Install”.

  5. Tunggu 1 sampai 3 menit. Setelah proses install selesai, akan ada pemberitahuan bahwa Anda berhasil menginstall WordPress.

4. Penutup

Sebagai penutup, saya ingin sampaikan bahwa membuat sebuah blog tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu percaya diri dan mengikuti step by step cara membuat blog di atas.

Berikut daftar kebutuhan yang diperlukan pada tutorial cara membuat blog:

Peralatan: Laptop/PC dengan koneksi internet, Handphone untuk mobil banking (jika Anda menggunakan mobile banking).

Waktu: Waktu yang dibutuhkan berkisar antara 30 menit sampai dengan 1 jam.

Biaya: Biaya yang diperlukan untuk membuat blog dengan WordPress berkisar antara Rp400,000 hingga Rp500,000.

Tidak sabar untuk memiliki sebuah blog? Yuk, bikin blogmu sekarang!


Comments

Panduan Lengkap dan Praktis Cara Membuat Blog — 11 Comments

  1. MasyaAllah luar biasa. Panduannya betul-betul runut. Mudah dipahami. Sepertinya makin banyak blog agan untung ini. Website excelnya masih lanjut? Masih dikelola sendiri atau keroyokan nih sekarang?

Leave a Reply