Home » Faktor WOW

“Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.” ~ George Bernard Shaw

Cristiano Ronaldo atau CR7 melewati masa kecilnya di Madeira, Portugal dalam kemiskinan. Orang tuanya tak mampu membelikannya mainan dan ia terpaksa berbagi kamar dengan 3 orang kakaknya. Di Sekolah, ia bahkan pernah menjadi ‘tenar’ karema melempar gurunya dengan kursi kelas. Atas dorongan ibunya, pada saat usianya 14 tahun, ia memutuskan untuk fokus dengan sepak bola, keputusan  yang mengubah jalan hidupnya hingga sekarang.

Sederet prestasinya di bidang sepak bola membuat kita takjub dan kagum. Ia merupakan pemenang Ballon D’Or sebanyak 2 kali, penghargaan untuk pemain bola terbaik sejagat. Ia juga merupakan pemain termahal, pada saat hijrah dari Manchester United ke Real Madrid. Jika ada satu kata yang bisa menggambarkan Ronaldo, maka kata tersebut adalah WOW!

WOW adalah kata yang biasanya keluar dari mulut seseorang saat ia takjub akan sesuatu atau seseorang. Ditulis Richard Hall dalam buku The Secret of Success at Work, WOW merupakan akronim dari Walk on Water (berjalan di atas air), atau kejadian when one’s wonderful (saat seseorang menakjubkan).

Orang-orang semacam Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, J.K. Rowling, Bill Gates, Steve Jobs, Habibie, Soekarno, Haji Agus Salim dan sederet nama-nama lain yang sering membuat orang berdecak kagum, menurut Hall adalah orang yang memiliki faktor WOW dalam dirinya yang membuat mereka cemerlang di bidang masing-masing. Dalam skala kecil, kita mungkin pernah mengalami moment dimana kita merasa WOW. Misalnya saat mendapat peringkat kelas, menjuarai perlombaan, menyelesaikan projek, memenangkan tender, ataupun dipromosikan.

Mungkin akan timbul pertanyaan klasik, apakah faktor WOW, seperti juga bakat, itu dilahirkan atau diciptakan? Saya merasa belum punya kapasitas menjawab pertanyaan tersebut. Tapi yang jelas, faktor WOW tersebut merupakan kombinasi antara dilahirkan dan diciptakan. Ditemukan untuk kemudian dikembangkan. Seperti kisah pembuka diatas, ibu Cristiano Ronaldo, mungkin telah lebih dulu menemukan faktor WOW pada diri anaknya. Dan fakta pun menyebutkan, bahwa bicara CR7 tak melulu soal bakat, tetapi kerja kerasnya meraih bakat tersebut.

Lebih lanjut menurut Richard Hall, ada 3 cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan faktor WOW. Pertama, menanamkan keyakinan bahwa kita bisa. Kedua, latihan, latihan, dan latihan. Ketiga, bekerja dibawah bimbingan sponsor atau mentor (belajar dari ahlinya).

Jadi, apa faktor WOW-mu?


Comments

Faktor WOW — No Comments

    Leave a Reply