Home » Ini Dia Cara Memasang Facebook Page Di WordPress

Facebook Page sangat penting untuk bisnis, termasuk blog. Dengan memasang Facebook Page di blog, pembaca blog yang menemukan artikel yang relevan dengan yang mereka cari, diharapkan akan me-like Facebook Page. Dengan me-like Facebook Page, diharapkan suatu saat akan berkunjung kembali ke blog. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi cara memasang Facebook Page di WordPress.

Cara Memasang Facebook Page di WordPress

Seperti diketahui, ada dua macam blog WordPress, yaitu versi gratis dengan format alamat domain namablog.wordpress.com dan versi self-hosted (bisa dibilang juga versi berbayar) dengan alamat url namablog.com.

Untuk memasang Facebook Page pada blog WordPress versi gratis, kita bisa langsung memulai dengan mengikuti langkah-langkah di bawah.

Sedangkan untuk blog WordPress versi self-hosted, kita perlu menginstall plugin Jetpack terlebih dahulu. Setelah sukses menginstall plugin Jetpack, silahkan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Log in ke WordPress admin.

2. Masuk ke menu Widgets. Pada Dashboard pilih Appearance lalu pilih Widgets. Selanjutnya akan muncul halaman widget yang berisi bermacam-macam widget yang bisa dipasang di blog seperti Archives, Blog Subscription, Categories, Custom Menu dll.

 

3. Pilih Facebook Page plugin bawaan Jetpack. Setelah masuk ke halaman widget, pilih widget Facebook Page Plugin (Jetpack) yang merupakan plugin bawaan Jetpack. Karena widget disusun berdasarkan hurf Abjad, widget Facebook Page Plugin ada di bagian tengah.

 

4. Add widget Facebook Page ke Sidebar. Setelah ketemu Facebook Page Plugin, tambahkan widget tersebut ke blog dengan cara double click, lalu pilih tempat untuk menaruh widget Facebook Page. Setelah cocok dengan tempatnya, klik Add Widget. Untuk blog yang menggunakan theme dengan layout standar, saya biasa memilih main sidebar yang ada di sebelah kanan. Secara default, widget yang baru saja ditambahkan akan berada di paling bawah dari daftar widget yang ada. Selain dengan cara double click tadi, widget juga bisa tambahkan dengan cara drag and drop.

 

5. Isi judul dan alamat url Facebook Page. Setelah itu, pada main sidebar, expand widget Facebook Page Plugin yang ada di main sidebar, untuk mengisi Title dan Facebook Page url. Untuk mengetahui alamat url Page, buka kembali Facebook Page lalu copy url di address bar. Setelah itu, sesuaikan ukuran widget serta pilih opsi tampilan website apakah akan menampilkan foto profil orang yang like, stream, maupun cover foto, lalu klik Save.

 

6. Tempatkan Facebook Page widget pada posisi yang strategis. Setelah langkah 5 selesai, lanjutkan dengan mengatur lokasi Facebook Page dengan cara drag and drop. Pada umumnya, lokasi Facebook Page biasanya ditempatkan di main sidebar sebelah kanan atas.

 

7. Cek hasilnya di halaman blog. Setelah melakukan keenam langkah di atas, buka atau refresh kembali blog untuk melihat tampilan baru blog yang sudah dilengkapi dengan Facebook Page.

 

Sekarang giliran kamu memasang Facebook page untuk bisnis kamu dengan mengikuti panduan cara memasang Facebook page di wordpress.

 


Comments

Ini Dia Cara Memasang Facebook Page Di WordPress — No Comments

    Leave a Reply