Home » Mengenal Sosok Blogger Sukses Iwan Banaran Blog Otomotif Rujukan Masyarakat Indonesia

Buat kamu yang berkecimpung di dunia blogging pasti pernah denger nama Iwan Banaran. Blogger Iwan Banaran (biasa disingkat dengan inisial IWB) yang mempunyai alamat blog iwanbanaran.com ini termasuk salah satu blog terbaik Indonesia. Meski awalnya cuma blog personal, blog Iwan Banaran blog otomatif ini sukses menjadi blog otomotif rujukan masyarakat Indonesia.

Halaman depan Blog Iwan Banaran Blog Otomotif



Profil Iwan Banaran

Dikutip dari halaman “About”nya IWB, Iwan Banaran bukanlah nama asli. Nama Banaran diambil dari nama desan tempat blogger Iwan Banaran lahir di Kota Tulungagung Jawa Timur. Mas Iwan mengaku dirinya sangat menyukai kendaraan roda dua alias motor. Dari hobinya tersebut, ia salurkan ke dalam media blog iwan banaran blog otomatif yang kini menjadi rujukan masyarakat Indonesia.

Background pendidikan IWB sendiri adalah Hotel and Tourism jurusan Front Desk alias Reception, sangat kontras dengan hobi IWB “yang begitu menyukai roda dua….sensasi saat membetot gas…merasakan hempasan angin….dan seluruh rasa yang tidak bisa ditemukan pada kendaraan lain …”.

Profil Blog Iwan Banaran Blog Otomotif

Blog IWB tadinya hanya blog yang menggunakan WordPress gratis dengan alamat iwanbanaran.wordpress.com yang dimulai pertama kali pada 23 Januari 2009. Pada tahun 2012, IWB mulai menggunakan self-hosted dengan alamat domain iwanbanaran.com.

Berdasarkan data Alexa, per hari ini 10/08/2016 IWB menduduki peringkat 50,561 global dan 734 Indonesia. Soal pendapatan IWB, saya belum menemukan referensi yang membahas masalah tersebut.

Meskipun demikian, setengah lebih halaman blognya dipenuhi dengan iklan, baik itu Adsense maupun iklan mandiri dari perusahaan otomatif terkemuka. Yang pasti, bernilai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah.

Yang paling menarik dari blog IWB, Mas Iwan Banaran tidak menggunakan bahasa baku alias hanya bahasa pasaran saja. Malahan, buat kamu yang bukan orang jawa, sangat disarankan membawa kamus saku bahasa jawa saat membuka blognya mas Iwan ini. Serius.

Mengintip Rahasia Sukses Iwan Banaran

Dari blognya IWB, kita bisa belajar dan sedikit menerka-nerka rahasia sukses Iwan Banaran menjadi blog otomotif rujukan masyarakat Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Mengubah Hobi Menjadi Sumber Penghasilan

Sebagaimana dalam profil IWB di blognya, IWB lahir karena hobi. Meski pada awalnya hanya menggunakan WordPress gratis dengan iwanbanaran.wordpress.com (yang tidak bisa di-monetasi), Mas Iwan Banaran kemudian mengubahnya menjadi iwanbanaran.com.

2. Fokus Ke Satu Niche

IWB fokus di membahas otomotif, lebih tepatnya kendaraan bermotor dan Moto GP. Hadirnya IWB tentu merupakan peluang besar mengingat besarnya jumlah pengguna sepeda motor dan pecinta Moto GP di Indonesia.

Kunci sukses kedua Iwan Banaran ini sebaiknya menjadi contoh bagi blogger pemula (terutama saya). Karena seringnya, blogger pemula sering tidak fokus dalam memilih niche blog karena tergoda dengan niche lain.

3. Menyajikan Info Yang Fresh dan Update

Kunci ketiga kesuksesan IWB adalah menyajikan informasi yang fresh dan update di bidang otomotif. Konon, setiap ada info baru di bidang otomotif, IWB akan mengonfirmasinya ke sumber-sumber terpercaya di bidang otomotif. Kalau kamu buka blognya IWB, akan menemukan postingan seperti misalnya Honda akan mengeluarkan produk baru, KTM akan membuka pabrik di Indonesia, Premium Akan Ditiadakan dll.

4. Konisten

iwb 7556Sejak 23 Januari 2009 sampai dengan hari kemarin (9/8/2016)IWB sudah mempublish 7,556 artikel. Kalau saya hitung menggunakan Excel, dalam sehari IWB memposting artikel rata-rata 3 artikel (hasil pembulatan ke atas dari 2.74) dalam sehari. Belum termasuk video yang diunggah di Youtube maupun update di media sosial seperti FB, Twitter dan IG. Beda banget sama kita (eh saya) yang seringnya update tulisan satu kali dalam sebulan.

Well, buat kamu yang mau serius menjadi Internet Entrepreneurs, mungkin bisa belajar dan meneladani Mas Iwan Banaran.




Comments

Mengenal Sosok Blogger Sukses Iwan Banaran Blog Otomotif Rujukan Masyarakat Indonesia — 8 Comments

Leave a Reply