Home » Jika Transaksi Anda Gagal Tapi Saldo Berkurang…

Pernahkah Anda mengalami situasi seperti ini: transaksi Anda gagal tapi saldo berkurang!

transaksi anda gagal tapi saldo berkurang

Sewaktu Anda melakukan transaksi di ATM, tiba-tiba loading mesin ATM lebih lama dari biasanya. Setelah beberapa menit, display ATM menampilkan keterangan time out atau waktu transaksi habis dan sejenisnya. Jika keluar keterangan seperti itu, segera cek saldo rekening Anda karena kemungkinan besar saldo Anda telah terdebet atau berkurang.




Begitulah yang saya alami pada hari Jumat, 24 Oktober 2014 kemarin. Saat itu saya melakukan transfer dari Bank Mandiri ke Bank Syariah Mandiri. Transaksi transfer antar bank saya dinyatakan gagal, namun saldo saya di rekening tersebut berkurang sejumlah yang saya coba transfer. Selain waktu loading yang lama, ciri kejadian seperti ini adalah struk tidak keluar dari mesin ATM.

Jika terjadi hal seperti itu pada Anda, segera lakukan hal-hal berikut:

1. Don’t Panic. Jangan Panik. Mungkin jumlah uang Anda yang terdebet pada saat transaksi gagal tidaklah sedikit, tapi percayalah Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut.

2. Cek saldo nomor rekening yang Anda transfer. Jika Anda transfer ke rekening orang lain, segera hubungi orang tersebut dan tanyakan apakah ada dana masuk atau tidak. Jika tidak ada dana masuk, lanjut ke langkah berikut.

3. Catat kronologi secara lengkap seperti keterangan di layar ATM, waktu transfer, letak ATM, rekening tujuan transfer, dll. Saat Anda melakukan pengaduan, bank biasanya akan menanyakan kronologi kejadian secara lengkap.

4. Hubungi nomor layanan customer service bank rekening Anda yang terdebet. Customer service bank biasanya akan mencatat pengaduan tersebut, dan Anda akan mendapatkan nomor pengaduan. Jika memungkinkan, hubungi cabang terdekat rekening Anda yang terdebet.

5. Berilah penjelasan bahwa uang tersebut sangat penting buat Anda, misalnya untuk membayar cicilan, belanja bulanan, dll. Pihak bank biasanya memiliki prosedur atau standar waktu penyelesaian pengaduan, misalnya 14 hari. Mintalah agar prosesnya dipercepat, karena kejadian tersebut bukan kesalahan Anda dan Anda membutuhkan uang tersebut dengan segera.

6. Monitor terus perkembangan pengaduan Anda sambil terus berdoa. Rajin-rajinlah menghubungi bank menanyakan progres pengaduan baik melalui telepon, maupun datang langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Demikian tips dari saya jika transaksi Anda gagal tapi saldo berkurang. Dari pengalaman yang saya alami di Bank Mandiri, mereka merespon pengaduan dengan baik. Saya mengajukan pengaduan pada siang hari Jumat, 24 Oktober 2014, dan diselesaikan (dana saya dikembalikan atau refund) oleh Bank pada sore hari Senin, 27 Oktober 2014.




Semoga bermanfaat.


Comments

Jika Transaksi Anda Gagal Tapi Saldo Berkurang… — 38 Comments

  1. mas saya mau tanya, saya transfer dari bank mandiri ke BRI sudah keluar struk nya cuma tidak sampai di rekening tujuan saya, teman saya bilang itu proses kliring, cuma sudah 5 hari belum sampai juga.. kalo saya komplen ditanggapi tidak ya padahal sudah 5 hari….

  2. ka..yang aku alamin sama kaya gitu cmn aku nggk nghbungin ke bank tp dtng langsung ke bank tpi stlh 5hari dr transaksi ggal itu..kta petugas bank nya blm ada trnsksi msuk lagi..kt penerima nya dia pke rek mandiri transfern sya sudh msuk tpi keluar lagi..tpi saldonya ttep ke debet sesuai yg sy transfer..gmn itu ka ? trus uang itu kmn ?

      • kmren udh ke bank cmn bilng blm ada transaksi msuk lgi..malah sruh ditnya lgi ke penerima itu udh dikrim ato blmnya..dr pnerima kan bilngnya itu uang msuk tp keluar lgi n yg eror itu gk muncul lagi di mutasi rek nya..klo ke bank lgi kira2 bkal diproses n jangka wktu brp lama itu klo nggk bisa di proses dr waktu ggl transfer itu ka ?

  3. Kak, kalo tarik tunai di atm bri, trus ketrngan monitor trnsksi gagal dan krtu lgsng keluar. Setelh cek saldo, trnyta berkurg sesuai nominal yg gagal saya ambil, sudah lapor dn diminta tunggu 14 hari kerja. Apakah bisa di refund ap nggk ? Saya takut gbisa refund

  4. Saya baru ngalamin,transfer uang,tp dr org ♈ğ saya transfer tidak masuk,tp uang saya ke debet..emang bisa ya seperti itu terjadi,sudah komplain,tapi bilangnya tidak mungkin gmn nih ka?

  5. Saya baru mengalami hal yg serupa,saya mentransfer. Uang via atm,tetapi kt temen saya uangnya tidak sampai,tapi uang saya beekurang,saya lihat di mutasian saya juga tidak ada pengiriman,knp bisa terjadi hal sprti itu saya? sudah komplain dan pihak banknya menyatakan hal tsb tidak mungkin trjd..ko bisa ya ka..bisa dijelaskan?

  6. Barusan (Sabtu) saya dan pembeli bareng ke ATM BRI utk transfer uang ke rek saya di Mandiri (jadi beda bank). Proses transfer lama, bikin deg2an. Karena yg ditransfer 9.5 juta. Lalu muncul tulisan bahwa transaksi gagal (resi tidak keluar). Si Pembeli langsung cek saldo, ternyata sudah terpotong. Lalu kita ke ATM Mandiri, ternyata uang 9.5 juta sudah masuk ke rek saya. Aneh bin ajaib. Sy masih tetap khawatir kalau2 beberapa hari kedepan 9.5 jt saya tiba2 hilang. Mudah2an tidak.

  7. Saya baru aja belum lama mas, sama persis kejadiannya seperti artikel mas, saya trnsfer hari senin, transfer gagal, terus check saldo juga gagal, dan akhirnya saya check ke esokan harinya, saya kaget uang saya kok berkurang, terus saya inget yang kmren trnsfer gagal, saya pindah ATM terus lihat struk mutasi, ternyata dana sudah masuk trnsfer yang kmren, saya kan trnsfer untuk beli barang, terus saya baru konfirmasi sekarang, alhmdllh uang sudah diterima..

    Tips sebelum transfer:
    1. Pilih ATM yang loadingnya cepet, coba dlu sebelum transfer, check mutasi dlu, apakah masih ada kertas untuk struk mutasi, kalau ga ada kertasnya mending pindah,
    2. Jangan trnsaksi pada atm yang LOLA, loading lama..

    misal setelah transaksi gagal, check ke apakah saldo berkurang atau tdk. Jika tdk bisa check pindah ATM..

  8. Kak saya mau tanya, pada tanggal 23 desember 2015, saya melakukan transfer uang antar Bank “BCA – BRI, melalui Atm bersama punya BRI. Tapi keterangan di layar transaksi gagal, tapi saldo saya terpotong sejumlah nominal yang saya transfer. Saya coba tanya sama satpam nya, nanti uangnya pasti balik katanya, tapi sudah saya tunggu sampai 2 hari, tapi tetap juga nggk balik2..

  9. Sama nih ane jg lagi ngalamin ky gtu… skrg lg nunggu hasilnya… transfer dr rek.BCA ke rek.BRI via atm BRI keterangan gagal tp saldo di rek.BCA udah brkurang…tp di rek.BRI blm ada dana yg masuk 🙁
    udah hub cs BRI sama cs BCA ampe jebol nih plsa ane…
    Tgl transfer hari sabtu tgl 26 maret nyampe skrg tgl 29 maret blm ada dana masuk ke rek BRI dan rek BCA pun blm ada dana yg balik 🙁

  10. 2kali saya mengalami kasus yang sama ..dari mandiri ke bri via mobile banking. Memang bisa langsung di proses di cso mandiri terdekat.saat itu juga saldo langsung kembali.merepotkan memang..

  11. Sama saya juga kasus nya sama, tarik tunai, uang gak keluar,saldo berkurang dan kartu atm nya ketelan….. cuman pas saya langsug hubugi banknya suruh nuggu hari kalau uangnya mau kembali.
    kak saya mau tanya itu bneran uang kembali lg?

  12. Sama pengalaman saya tadi seperti itu,tapi saya lupa masukin kode bank tersebut, pada saat renferensi saya masukin kode bank, dan transaksinya gagal, di cek saldonya berkurang, pada saat di cek mutasi terkahirnya, sama jumlah uang itu keluar, gimaana ya?

  13. Jumat tgl 1 july saya transfer dari bank mandiri ke bank bri,, resi sudah keluar..
    Dengan tulisan di bawahnya transaksi sedang di proses,, tapi sampai hari ini uang belum ada masuk ke bank bri..
    Padahal saldo sudah berkurang..
    Kalau gitu gimana?

  14. sya juga mau tanya, sya kmarin jumat sudah transfer dr bri ke bca, trus bukti struknya gk keluar, tpi saldo sdah ter debit, kata orang yg sya transfer bca lgi eror, tpi smpai skarang belum masuk. mohon bntuanya….

  15. Td siang saya tarik tunai di atm BRI, saya transaksi 3 kali karena dalam sekali transaksi maksimal 1,5jt (kalau tidak salah), yang transaksi ke-1 dan ke-2 tidak ada masalah, yang transaksi ke-3 tiba-tiba mesinnya loading lama dan muncul tulisan time out, setelah itu kartu atm saya keluar otomatis. Saya pindah ke mesin atm sebelahnya karena saya kira mesin atm tsb trouble. Pas saya pindah mesin atm, perintah pertama mesin ATM malah suruh ganti pin, yasudah saya ganti pin. Setelah itu saya cek saldo, eh saldo saya berkurang sesuai nominal transaksi terakhir padahal tadi uangnya nggak keluar pas transaksi terakhir. Gimana ya ini ngurusnya? Apakah bisa kembali?

  16. Btuh info kak. Saldo BRI tinggal 120rb trus transfer 5jt ke bank mandiri kok transaksi berhasil. Apa setelah saldo saya di isi nanti saldo saya hilang mhon info kak

Leave a Reply