Home » 6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Nama Domain Blog

Tips Memilih Nama Domain Blog

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Nama Domain Blog

Memilih nama domain blog merupakan tahapan yang (sangat) penting dalam membangun sebuah blog. Hal ini dikarenakan, nama domain sebuah blog akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

domain blog

Domain Blog

Pada umumnya, seorang blogger pemula seperti saya, kurang memperhatikan tahapan yang satu ini. Banyak blog-blog yang memiliki peringkat yang bagus di internet, ternyata merupakan sebuah ketidaksengajaan atau kecelekaan dari pemilik blog tersebut.

Sebagai contoh, saya punya seorang teman yang memiliki sebuah blog dengan peringkat yang bagus di niche  anime atau komik, tapi dengan nama domain nama bahan makanan dalam Bahasa Arab, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan anime atau komik. Berdasarkan pengakuannya, nama domian blog tersebut tadinya memang dipersiapkan untuk berjualan makanan.

Bagi Anda yang berencana membuat sebuah blog dan sampai saat ini masih belum memutuskan nama domain untuk blog Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih nama domain blog:

1. Tujuan Blog

Sebelum menentukan nama domain untuk blog Anda, definisikanlah dengan jelas tujuan Anda membuat blog tersebut. Apakah Anda ingin membuat blog pribadi (personal blog), produk, atau blog dengan niche tertentu.

Berdasarkan tujuannya, domain sebuah blog dibedakan menjadi dua macam.

Pertama, blog yang dibuat untuk tujuan branding. Domain tipe pertama ini sangat cocok untuk blog personal atau blog untuk produk atau brand tertentu. Banyak contoh untuk blog tipe seperti ini, misalnya blog Raditya Dika (http://radityadika.com).

Kedua, blog yang dibuat untuk menyasar atau mentargetkan niche atau kata kunci (keyword) tertentu agar muncul pada halaman teratas mesin pencarian. Domain blog tipe kedua ini dikenal dengan istilah Exact-Match Domain (EMD). Contoh EMD ini misalnya seperti caramembuatkue.com, belajarmaingitar.com, belajarmenyetir.net, dll.

2. Jumlah Karakter Domain

Domain sebuah blog harus mudah diingat baik oleh pemilik blog dan terutama oleh orang lain sebagai pembaca blog.

Untuk itu, pilihlah domain dengan jumlah karakter yang tidak terlalu banyak, atau dengan kata lain pilih domain yang jumlah karakternya seminimal mungkin.

Semakin sedikit jumlah karakter domain, semakin mudah diingat serta dituliskan oleh pembaca blog Anda.

Sebagai contoh, saya memilih nama domain http://siuntung.com untuk personal blog ini. Padahal, bisa saja saya memilih nama domain yang lain, misalnya http://untungkasirinsigantengdaribrebes.com, yang tentu saja akan membuat Anda malas berkunjung kembali ke blog ini.

3. Jenis TLD Domain

TLD merupakan kependakan dari Top Level Domain, yang merupakan ekstensi atau akhiran sebuah domain. TLD domain misalnya .com, .net, .co.id, dll.

Dalam menentukan domain blog, gunakanlah jenis TLD yang paling umum digunakan (misalnya .com dan .net). Jangan gunakan TLD yang jarang dipakai oleh orang lain.

Namun karena jumlah blog terus bertambah setiap waktu, kemungkinan Anda mendapatkan domain dengan TLD yang umum dipakai menjadi lebih susah. Dalam kasus ini, Anda bisa mencari alternatif TLD lain.

Kabar baiknya, sekarang ini jenis TLD saat ini semakin banyak beragam, misalnya .xyz, .accountant, .travel, .shop atau bisa juga alternatif ccTLD (country code Top Level Domain) seperti .id.

4. Harga Domain

Harga sebuah domain bervariasi biasanya berdasarkan tipe atau jenis TLDnya.

Sebagai contoh, harga domain .com dan .net saat ini berkisar antara Rp100,000 sampai Rp150,000 atau $10-$15 bagi Anda yang ingin beli domain dari reseller domain luar negeri.

Beberapa jenis domain memiliki harga yang relatif lebih murah seperti .xyz, .club, dll meskipun biasanya hanya murah pada tahun pertama.

Sedangkan domain .id memiliki harga yang lebih mahal berkisar antara Rp 250,000 hingga Rp 500,000.

Saran saya, bagi blogger pemula jangan memilih domain yang harga perpanjangan tiap tahunnya mahal apalagi jika pada tahun pertama tersebut, Anda belum bisa menghasilkan uang dari blog.

Perlu diingat bahwa membuat blog tak ubahnya seperti investasi, sehingga Anda harus memperhitungkan dengan seksama imbal imbal (Return on Investment/ROI) atas investasi tersebut.

5. Umur Domain

Berdasarkan usia atau umurnya, sebuah domain dibedakan menjadi 2 yaitu fresh domain dan aged domain.

Fresh domain yaitu domain yang baru pertama kali didaftarkan ke internet. Sedangkan aged domain yaitu domain yang sudah berumur atau pernah didaftarkan atau digunakan sebelumnya oleh orang lain.

Umur sebuah domain sangat berkaitan erat dengan reputasi sebuah domain.

Fresh domain ibarat bayi yang baru lahir, belum memiliki reputasi baik atau buruk. Sedangkan, aged domain memiliki dua kemungkinan, yaitu reputasi yang baik atau reputasi yang buruk.

Domain dengan reputasi yang buruk, misalnya domain yang pernah dibanned oleh Google terutama yang memonetasi blognya dengan Google Adsense karena melanggar peraturan yang ditetapkan oleh raksasa mesin pencari tersebut.

Tools yang bisa digunakan untuk mengetahui reputasi sebuah domain misalnya MOZ rank untuk mengetahui parameter seperti DA, PA, dan Spam Score sebuah domain.

Untuk dua parameter pertama, yaitu DA dan PA, semakin tinggi scorenya menujukkan reputasi yang baik. Sedangkan Spam Score, semakin tinggi nilainya semakin buruk reputasi domain tersebut.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah domain blog. Pilihlah nama domain yang paling Anda sukai dan membuat diri Anda nyaman dan percaya diri untuk menggunakan domain tersebut dalam jangka waktu yang lama.

6. Tempat Membeli Domain

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan saat memilih domain adalah perusahaan tempat Anda membeli domain.

Belilah domain dari reseller yang sudah teruji dan terpercaya baik itu reseller dalam maupun luar negeri.

Berikut daftar tempat membeli domain yang saya rekomendasikan:

Tempat Beli Domain Dalam Negeri:

  • IDWebhost. Tempat langganan saya membeli domain sejak kali pertama ngeblog secara serius.
  • Domainesia. Tempat membeli domain dengan techincal support yang sangat memuaskan.
  • Qwords. Sering memberikan diskon untuk pembelian tahun pertama.

Tempat Beli Domain Luar Negeri:


Comments

6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Nama Domain Blog — 10 Comments

Leave a Reply