Home » 12 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Buat Mahasiswa

Menjadi mahasiswa kini tak identik dengan menunggu kiriman uang dari keluarga di rumah. Sekarang, banyak dijumpai mahasiswa-mahasiswa kreatif dalam mencari penghasilan, salah satunya dengan jalan wirausaha. Nah, berikut ini adalah peluang usaha sampingan yang bisa ditekuni oleh kamu yang masih menjadi mahasiswa.



12 Peluang Usaham Sampingan Mahasiswa

1. Bimbingan Belajar Privat

Usaha ini paling mudah, tanpa modal, dan paling umum dilakukan mahasiswa. Caranya, datangilah warga di sekitar kosan atau kontrakan dimana kamu tinggal. Lalu, tawarkan pada orang tua yang memiliki anak usia sekolah bahwa kamu bisa mengajar privat seperti matematika, IPA, sampai mengaji. Waktu mengajar privat cukup fleksibel, biasanya sore atau malam hari. Penghasilan mengajar privat juga cukup lumayan, yaitu sekitar 100,000 per 1,5 jam pertemuan.

2. Penyediaan Buku dan Fotokopi

Kuliah selalu identik dengan buku teks atau textbook dan ini bisa menjadi peluang. Caranya, datalah buku-buku yang paling laku dikampus kamu belajar. Setelah itu, hubungi penerbit buku-buku tersebut. Sebagai informasi, jika kita menjadi agen buku langsung dari penerbit, akan mendapat potongan 30-50% yang juga merupakan margin keuntungan yang kamu dapat. Peluang usaha sampingan ini bisa dipadukan dengan jasa fotokopi karena masih banyak mahasiswa yang modal fotokopi.

3. Jasa Penulis

Kalau kamu bisa menulis, ini juga bisa dijadikan peluang bisnis. Pasalnya, banyak dijumpai mahasiswa yang kemampuan menulisnya tidak begitu bagus. Contoh jasa penulisan yang bisa dikerjakan adalah makalah dan karya tulis skripsi atau tugas akhir. Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuka usaha jasa penulis untuk blog.

4. Jasa Penerjemah

Belajar bahasa asing dengan serius pada saat SMA bisa jadi berkah tersendiri buat kamu. Hal tersebut karena banyak mahasiswa yang kemampuan bahasa asingnya tidak begitu bagus. Kamu bisa membuka jasa penerjemah untuk bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin maupun Bahasa Perancis.

5. Jasa Pengetikan

Bagi sebagian mahasiswa yang pemalas ataupun mahasiswa aktivis yang super sibuk, mengetik makalah atau tugas akhir akan sangat menjemukan. Jika kamu menemukan tipe mahasiswa seperti ini, tawari mereka jasa pengetikan. Agar bisa selesai tepat waktu, kamu harus pertimbangkan untuk memiliki laptop atau PC sendiri.

6. Jualan Fashion

Buat sebagian mahasiswa, fashion itu sesuatu yang sangat penting. Karena tidak memakai seragam, mereka pada umumnya sangat memerhatikan masalah pakaian. Fashion yang bisa kamu jual di kalangan mahasiswa antara lain jilbab, t-shirt, kemeja, celana, sepatu, dll. Bahkan, banyak lho mahasiswa yang penghasilannya puluhan sampai ratusan juta dari jualan fashion seperti Yasa Singgih dengan Men’s Republiknya yang mendunia.

7. Laundry

Karena jauh dari rumah, mahasiswa harus melakukan sendiri pekerjaan harian seperti mencuci. Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan ekonomi yang baik, mereka memilih jasa laundry. Peluang usaha sampingan ini bisa kamu tangkap dengan membuka usaha laundry di sekitar kampus dimana banyak kos-kosan atau asrama mahasiswa.

8. Publisher Blog

Ngeblog bagi mahasiswa bukan sesuatu yang baru. Bahkan, ada sebuah kampus di Jabodetabek yang menjadikan ngeblog sebagai salah satu soft skill yang dinilai dosen. Buat kamu yang punya ide-ide kreatif, bisa dituangkan dalam blog atau video youtube yang mendarik perhatian netizen. Kalau trafik atau kunjungan blog atau channel youtube kamu bagus, kamu bisa pasang iklan untuk menghasilkan uang.

9. Desain Grafis

Mahasiswa pada umumnya punya banyak waktu untuk melakukan hobi, misalnya desain grafis. Kalau kamu punya kemampuan desain yang mumpuni, kamu bisa mengerjakan pekerjaan paruh waktu sebagai graphic designer untuk logo, desain kaos, pamflet dll.

10. Game Online

Buat kamu yang hobby main game, jangan cuma buat senang-senang. Bermain game sampai menjadi expert bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Bentuk bisnisnya juga bisa macam-macam dari mulai jual beli senjata virtual sampai review game dan kamu posting dalam bentuk blog ada video untuk mendatangkan trafik, dan tentu saja uang.

11. Jasa Pembuatan Website

Dunia internet bergerak sangat cepat. Sekarang hampir semua orang, dan semua bisnis go online. Peluang ini bisa kamu tangkap dengan membuka jasa pembuatan website. Pembuatan website memang tidak mudah, tapi juga tidak begitu sulit. Untuk membuat website kamu bisa menggunakan CMS yang siap pakai seperti WordPress, Prestashop, dll. Oya, kamu juga mau tidak mau harus berkenalan dengan bahasa web programming seperti HTML, CSS, JavaScript dan PHP. Beruntungnya, semua bisa dipelajari online dengan sumber yang tidak terbatas.

12. Membuat Aplikasi Smarthone

Selain internet, teknologi yang bergerak sangat cepat adalah smartphone. Saat ini, mayoritas orang sudah punya smartphone untuk terhubung dengan internet. Kalau kamu punya kemampuan membuat aplikasi smartphone, ini bisa jadi peluang yang menggiurkan, Sudah bukan rahasia bahwa banyak contoh sukses mahasiswa yang membuat produk yang fenomenal seperti Mark Zuckerberg yang membuat Facebook dan Larry Page dan Sergey Brin yang membuat Google.




Jangan sampai keduluan yang lain yang menyambut peluang usaha sampingan buat mahasiswa ini.


Comments

12 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Buat Mahasiswa — No Comments

    Leave a Reply