Home ยป Pengalaman Pertama Menghasilkan Uang Dari Blog

Pengalaman Pertama Menghasilkan Uang Dari Blog

Sejak beberapa tahun yang lalu, saya mendengar banyak orang (blogger) yang menghasilkan uang dari blog.

pengalaman pertama menghasilkan uang dari blog

Blogger-blogger tersebut, konon katanya menghasilkan uang dengan cara membuat sebuah blog yang bagus, membuat artikel yang menarik, mendatangkan banyak pengunjung, memasang iklan pada blognya dan mendapatkan sejumlah uang tiap ada pengujung yang membuka iklan-iklan tersebut. Itulah gambaran yang saya dapat tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog.




Tahun 2009, saya membuat blog gratis di WordPress.com. Topik yang saya tulis tidak beraturan, kadang-kadang menulis resensi buku, kadang-kadang menulis tentang politik.

Sampai dengan tahun 2015, saya beberapa kali membuat blog baru bahkan yang berbayar, menulis puluhan artikel, mendatangkan beberapa ribu pengunjung. Akan tetapi, blog-blog tersebut tidak terurus dan saya belum juga menghasilkan uang dari blog. Apakah benar blog bisa menghasilkan uang? Saya mulai nggak yakin.

Pada Maret 2015, saya malah membuat sebuah blog lagi di WordPress.com dengan alamat excelcorner.wordpress.com. Topik yang saya tulis pada blog kedua ini lebih spesifik tentang Excel. Kali ini saya tidak berpikir bagaimana menghasilkan uang dari blog. Saya hanya menulis dan membagi pengetahuan saya tentang Excel.

Sebulan kemudian tepatnya pada bulan April 2015, tulisan saya yang berjudul “Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel” menjadi viral dan dibagikan lebih dari 27,000 kali di media sosial (Facebook dan Twitter). Pada puncaknya, dalam satu hari tulisan blog tersebut dikunjungi lebih dari 15,000 kali.

Pada akhir Januari dan awal Februari 2016, tulisan tersebut kembali viral untuk kali kedua. Pageviewnya bahkan mencapai 400% dari sebelumnya atau mencapai 60,000 PV dalam sehari pada tanggal 2 Februari 2016. Selain mendapatkan ribuan kunjungan, blog tersebut mendapatkan 500-an like Facebook Page yang baru saya pasang beberapa hari di blog setelah mengetahui tulisan saya kembali viral.




Karena menyadari potensi yang ada pada blog tersebut, pada akhir Februari 2016 saya memutuskan membeli domain dan hosting di idWebhost. Saya beli domain dengan nama jagoexcel.com dan mengcopy tulisan di blog lama ke blog yang baru.

Dengan memanfaatkan periode viral yang biasanya berlangsung selama seminggu, saya coba mengoptimasi Facebook Page dengan cara membuat posting yang menarik tentang Excel.

Gotcha!!

Hanya dalam seminggu, posting saya dishare oleh puluhan bahkan ratusan ribu orang. Di atas bisa dilihat, posting saya di Facebook Page Jago Excel mendapat 11,000 like, 401 komentar dan 239,000 share.

Imbasnya, jumlah pengunjung blog saya naik dengan dramatis. Karena pengunjung blog melebihi bandwith hosting yang saya beli, website saya tidak bisa diakses selama beberapa hari. Akhirnya, saya membeli hosting yang lebih memadai di iFastnet seharga 23,94 USD.

1661783_595071763984072_3315916410397358672_n

Selain itu, jumlah like Facebook page saya meningkat dengan fantastis. Dari ratusan like menjadi 46,000 like lebih. Perlu dicatat bahwa saya mengoptimasi Facebook tanpa iklan serupiah pun. (Sampai dengan 15 Agustus 2016, jumlah like Facebook page saya telah mencapai 85,000 like dan terus bertambah).

total like facebook page

Di luar dugaan, beberapa pembaca menghubungi saya menanyakan apakah saya menulis buku atau mengadakan workshop dan pelatihan Excel. Karena merasa belum siap, beberapa undangan mengisi training terpaksa tidak saya penuhi.

pengalaman pertama menghasilkan uang dari blog

Meski demikian, ada seorang pembaca blog yang mengundang saya menjadi pembicara pada workshop yang diadakan sebuah LSM. Karena mereka bersedia mengadakan acara pada malam hari, saya menerima undangan tersebut.




Tadinya saya berpikir pesertanya hanya 10-30 orang, tapi setelah saya datang ke acara tersebut saya sangat shock karena jumlahnya ternyata lebih dari 200 orang.

Alahamdulillah, meskipun agak grogi karena baru sekali ini menjadi pembicara di depan 200 orang lebih, saya berhasil menyampaikan materi selama 1 jam. Setelah menyampaikan materi pada workshop tersebut, panitia memberikan honor dalam amplop putih.

Dari honor menjadi pembicara tersebut itulah pengalaman pertama menghasilkan uang dari blog yang saya alami.

Meski jumlahnya mungkin bagi sebagaian orang belum seberapa, saya kembali yakin bahwa blog memang benar-benar bisa menghasilkan uang.

Bagaimana pengalaman pertama menghasilkan uang dari blog yang kamu alami? Silahkan bagikan di kolom komentar ๐Ÿ™‚


Comments

Pengalaman Pertama Menghasilkan Uang Dari Blog — 18 Comments

Leave a Reply