Home ยป Qurban Online Asyik dan Mudah di Global Qurban

Qurban Online, Kurban Era Baru

Hari Raya Idul Adha hanya tinggal menghitung hari. Di sepanjang jalan dari rumah ke kantor, saya melihat banyak berjejeran para penjual hewan kurban menjajakan barang dagangannya.






Ingat Idhul Adha, saya jadi ingat pengalaman saya qurban di Global Qurban (GQ) ACT yang bekerjasama dengan salah satu e-commerce ternama di Indonesia setahun kemarin.

Waktu itu, saya dan istri sudah punya niatan ingin berqurban. Akan tetapi, karena kami berdua sama-sama bekerja, sering pulang malam sampai di rumah. Akibatnya, kami tidak sempat membeli sendiri kambing di pinggir jalan untuk berkurban.

Satu atau dua hari menjelang Idul Adha, saya yang waktu itu masih rajin jualan buku-buku kuliah secara online di e-commerce ternama yang sempat saya singgung di awal tulisan, melihat ada iklan jual hewan kurban di halaman paling depan e-commerce tersebut. “Berqurban Secara Online? Menarik juga nih”, batin saya waktu itu.

Akhirnya, saya buka-buka deh pelapak hewan kurban tadi. Nama pelapaknya Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebuah LSM yang menghimpun dan mendistribusikan dana-dana umat Islam seperti zakat, infak, sedekah termasuk dana kurban.

Ternyata, Global Qurban tidak hanya menjual kambing sebagai hewan kurban. Mereka juga menjual hewan kurban lain seperti sapi, unta, bahkan domba dari Palestina. Setelah kita beli, hewan-hewan kurban tadi tidak akan dikirim ke rumah kita. Akan tetapi, didistribusikan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan baik dalam maupun luar negeri.

Untuk tujuan lokal atau dalam negeri, hewan kurban dikirimkan ke wilayah-wilayah dengan memiliki banyak warga miskin. Sedangkan untuk tujuan luar negeri, kurban dikirimkan ke wilayah-wilayah yang dilanda konflik.

Selain itu, harga hewan kurban di Global Qurban ternyata relatif lebih murah dibandingkan dengan harga hewan kurban di pinggir jalan. Sebagai informasi, harga kambing di lembaga tersebut waktu itu hanya sebesar Rp 1,800,000 dan mendapat potongan harga dari e-commerce tempat hewan kurban tersebut dijual.

Akhirnya, setelah menimbang-nimbang, kami memutuskan membeli satu hewan kurban. Waktu itu, saya melakukan transaksi malam hari dan langsung membayar pada pada malam itu juga.




Sebagaimana membeli barang secara online, setelah saya melakukan pembayaran, normalnya penjual mengirimkan barangnya ke pembeli. Tapi karena hewan kurbannya langsung didistribusikan ke tempat tujuan, hewan kurban yang kita beli tidak dikirim ke alamat kita. Sebagai gantinya, Global Qurban mengirimkan sertifikat yang menyatakan bahwa kita telah berkurban di lembaga tersebut.

Manfaat Qurban Online Melalui Lembaga

Dari pengalaman tadi, saya jadi menyimpulkan, ternyata banyak manfaat dari berqurban secara online melalui lembaga.

Manfaat tersebut antara lain:

  • Tidak perlu repot-repot memilih dan membeli kambing, misalnya ke penjual di pinggir jalan. Cocok banget buat kamu yang super sibuk. hehe
  • Kurban didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan seperti kantong-kantong kemiskinan maupun wilayah konflik seperti Palestina, Suriah, Myanmar, Afrika dll. Menurut data dari Global Qurban, ternyata banyak lho masyarakat yang tidak pernah atau jarang makan daging. Mendapat daging hewan kurban tentu menjadi hal yang spesial buat mereka.
  • Dikelola dengan baik dan transparan. Sebagai informasi, beberapa minggu setelah Idul Adha tahuh kemarin, saya mendapkan laporan yang dikirim melalui kurir bahwa hewan kurban sudah didistribusikan.
  • Memberdayakan ekonomi masyarakat. Hewan kurban diambil langsung dari peternak-peternak di kampung dan disalurkan secara tepat sasaran.
  • Punya nilai syiar Islam. Dengan dikelola secara profesional, amanah dan modern oleh lembaga, syiar Islam tentang qurban menjadi lebih luas. Coba bayangin aja, ecommerce tempat Global Qurban menjual hewan kurbannya sampai membuat iklan video yang diunggah ke youtube dan media sosial. Tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi syiar dan dakwah Islam

 

Masih Ada waktu Buat Berkurban Tahun Ini…

Nah, buat kamu yang ingin berkurban tahun ini, Global Qurban kembali membuka Qurban Online di lapak ecommerce yang sama. Atau, kamu juga bisa langsung mengunjungi website Global Qurban yang beralamat di http://globalqurban.com




global-qurban1


Comments

Qurban Online Asyik dan Mudah di Global Qurban — No Comments

    Leave a Reply