Home ยป 10 Fakta Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Senin (2/5/2016), akun Facebook resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia merilis informasi jumlah registrasi online USM STAN (Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) mencapai 103.500 pendaftar.

Padahal, jumlah kuota yang tersedia di tahun 2016 hanya sebesar 3.650 kursi kuliah. Hal ini menunjukkan persaingan yang sangat ketat serta tingginya antusiasme lulusan SMA untuk kuliah di STAN.



10 Fakta Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Berikut adalah 10 fakta tentang STAN yang wajib kamu tahu:

1. Didirikan Sejak 1975

STAN didirikan sejak tahun 1975. Sejak 2010 hingga 2015, STAN telah mendidik rata-rata 6.000 mahasiswa per tahun. Untuk periode 2014 hingga 2018, diproyeksikan lulusan STAN akan mencapai 16.082 orang.

2. Sekolah Tinggi Kedinasan Paling Diminati

Setiap tahun, jumlah peminat STAN terus meningkat. Tahun ini saja, 103.500 lulusan SMA melakukan registrasi online untuk memperebutkan 3.650 kursi kuliah. Hal ini bisa dipahami karena masuk STAN sangat prestisius karena menyingkirkan banyak pesaing. Apalagi dengan masuk STAN punya peluang besar bekerja di Kementerian Keuangan dengan gaji yang menggiurkan.

3. Pendidikan Gratis dan Kesempatan Ikatan Dinas

STAN merupakan sekolah tinggi ikatan dinas. Kuliah di STAN tidak dipungut biaya, bahkan mendapat uang saku. Dan setelah lulus, alumni STAN punya kesempatan besar bekerja di Kementerian Keuangan.

4. Perguruan Tinggi Pertama Dibawah Kementerian Yang Menjadi Politeknik

STAN merupakan perguruan tinggi pertama dibawah kementerian yang menjadi Politeknik. Perubahan status STAN menjadi PKN STAN tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknis Keuangan Negara STAN.

5. Akan membuka Program Sampai Doktoral (S3)

Dengan statusnya menjadi politeknik, PKN STAN akan mengembangkan program pendidikan lanjutan sampai program doktoral (S3) terapan untuk menjawab kebutuhan SDM di bidang keuangan negara. Ini juga kesempatan yang bagus buat kamu yang ingin melanjutkan S2 dan S3 di STAN.

6. Menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Jalur Vokasi

PKN STAN menyelenggarakan pendidikan erapan di bidang keuangan negara. Hal ini sejalan dengan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai jalur vokasi untuk mencetak lulusan yang memiliki keterampilan.

7. Memiliki 4 Jurusan

Saat ini, PKN STAN memiliki empat jurusan dan 10 program studi. Keempat jurusan tersebut yaitu jurusan Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai serta Manajemen Keuangan.

8. Punya Porgram Studi Yang Tidak Dimiliki Kampus Lain

STAN memiliki program studi yang tidak dimiliki kampus lain. Program studi tersebut yaitu Kepabean dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Manajemen Aset, dan PBB/Penilai.

9. Memperoleh Akreditasi B dari Kemenristek DIKTI untuk Dua Program Studi

Meski program studi D1 Kepabean dan Cukai dan D1 Kebendaharaan Negara hanya ada di kampus STAN, dua program studi ini telah mendapat akreditasi B dari Kemenristek Dikti.

10. Menghasilkan SDM Berkualitas Yang Berpengaruh Di Tanah Air

STAN berhasil mencetak SDM yang unggul dan berkualitas. Beberapa alumni STAN sukses menjadi tokoh nasional seperti Sudirman Said (Menteri ESDM), Amin Sunaryadi (Kepala SKK Migas), Ito Warsito (Mantan Dirut PT BEI), Heru Pambudi (Dirjen Bea & Cukai), Sumiyati (Kepala BPK), Cris Kuntadi (Irjen Kemenhub), dan Eko Prasetyo (Dir LPDP).

Gimana, keren kan 10 fakta PKN Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini? Silahkan bagikan ke teman-teman kamu.




Comments

10 Fakta Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara — 3 Comments

Leave a Reply