Home ยป Solusi Alergi Anak Terhadap Susu Sapi, Cari Alternatifnya!

Anak yang masih kecil sangatlah rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan lantaran sistem imunitas tubuhnya yang masih belum sekuat orang dewasa. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa jadi sistem imunitas tersebut yang ikut bermasalah, seperti ketika alergi menyerang anak. Untuk anak-anak misalnya, alergi susu sapi adalah alergi yang sangat sering terjadi, dan ini bisa mengakibatkan anak kekurangan berbagai nutrisi yang ada di dalamnya. Jadi bagaimana solusi alergi anak dalam hal ini?

solusi alergi anak terhadap susu sapi

Banyak anak menunjukkan tanda-tanda mengalami alergi ketika diberikan susu sapi oleh orang tuanya. Mereka mengalami mencret dan diare, kulitnya merah dan gatal-gatal begitu mengkonsumsi susu, daya tahannya turun drastis, susah bernapas, dan bahkan bibirnya bisa membiru karenanya. Bahkan alergi yang parah bisa membuat anak mengalami gangguan pernapasan sangat parah dan mencekik nya.




Kalau anak mengalami alergi seperti di atas, segera ambil tindakan cepat. Ini yang bisa Anda lakukan:

1. Stop susu sapi

Stop berikan semua bentuk susu sapi pada anak. Lihatlah reaksinya. Jika anak tak mengalami masalah lagi, berarti memang dia benar-benar alergi terhadap susu tersebut.

2. Ganti dengan susu alternatif

Alternatif susu yang paling populer adalah susu kedelai. Anda akan bisa menemukannya dengan mudah di pasaran. Susu SGM Soya misalnya, sangat direkomendasikan oleh banyak ahli gizi.

3. Hindari olahan susu

Anda sekarang juga harus rajin membaca label-label makanan dan minuman yang akan Anda berikan ke anak. Jangan beli atau berikan ke si kecil jika ternyata ada susu di dalamnya.

4. Cari pengganti nutrisi susu

Susu mengandung berbagai macam nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin D, dan macam-macam mineral berguna lainnya lagi. Maka, berikan anak gantinya seperti ikan, telur, kedelai, maupun sayuran.




Solusi alergi anak untuk yang memiliki alergi susu sapi di atas adalah solusi yang akan membuat anak bisa hidup dengan relatif normal hingga dia dewasa. Biasanya, alergi ini juga akan berkurang ketika anak semakin besar, sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir. Namun kalau pun memang alergi tersebut terus berlangsung hingga anak dewasa, Anda sudah mengajarkannya agar bisa mengatasinya dengan cara di atas. Atau anda bisa segera datang ke dokter alergi anak di rumah sakit atau klinik terdekat.


Comments

Solusi Alergi Anak Terhadap Susu Sapi, Cari Alternatifnya! — No Comments

    Leave a Reply