Home » 10 Strategi Jitu Lulus USM PKN STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (saat ini menjadi PKN STAN) masih menjadi pilihan favorit lulusan SMA. Pasalnya, jumlah registrasi online tahun ini mencapai 103.500 pendaftar untuk memperebutkan 3.650 kuota. Buat kamu yang sudah mendaftar STAN tahun ini, Genioo.xyz telah merangkum strategi jitu lulus USM PKN STAN.

strategi jitu lulus usm pkn stan

Sumber: putuhatesa.com

Strategi yang kami rangkum ini berdasarkan interview langsung dengan beberapa orang alumni STAN, yang telah teruji lulus USM tersebut.

Seperti apa strateginya, silahkan disimak:

10 Strategi Jitu Lulus USM PKN STAN

1. Perbanyak Latihan Soal-Soal Ujian STAN

Mengikuti ujian STAN (atau pun ujian lain seperti UN), yang paling pertama kamu lakukan adalah perbanyak latihan soal. Dalam hal ini, kita bisa mencontoh strategi atlit tinju. Untuk menghadapi pertandingan tinju yang lamanya hanya 12 ronde, seorang pemain tinju akan berlatih rutin setiap hari selama beberapa jam selama beberapa bulan.

2. Mengikuti Bimbel Khusus yang diadakan mahasiswa STAN

Dengan mengikuti bimbel khusus USM STAN, kamu akan diajari tips dan trik lulus USM STAN langsung oleh mahasiswa STAN yang telah terbukti lulus ujian tersebut.

3. Mengikuti Try Out STAN

Dengan ikut Try Out STAN, kamu bisa mengalami secara langsung suasan USM yang sebenarnya. Selain itu, kamu juga bisa mengukur kemampuanmu saat itu. Seorang alumni STAN asal sebuah sekolah di Brebes bahkan ikut Try Out STAN sejak kelas satu SMA.

4. Menjaga Kondisi Fisik Tubuh

Jangan sampai persiapan yang kamu lakukan jauh hari sebelumnya gagal karena sakit sewaktu mendekati USM. Selain itu, setelah kamu lulus ujian tulis, kamu masih harus menghadapi tes kesehatan, terutama untuk Jurusan Kepabean dan Cukai.

5. Meminta Restu dari Orang Tua

Dalam Islam, ridho Allah ada pada ridho orang tua. Untuk itu, mintalah doa dari orang tua sebelum menghadapi ujian.

Mintalah doa pada orang tua sebanyak mungkin, bukan untuk lulus saja, tetapi juga mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Kalau STAN memang rejekinya, Insya Allah akan didekatkan.

Iswandi, lulus 2005 Jurusan Bea dan Cukai, sekarang sedang melanjutkan S2 di Aoyama Gakuin University, Jepang.

6. Fokus Mengerjakan Soal Yang Mudah

Jika kita baca dengan cermat, soal-soal ujian pasti memiliki tingkat dari level mudah sampai level sulit. Untuk itu, fokuslah pada soal yang mudah terlebih dahulu. Ketika menjumpai soal yang susah, segera lewati dan cari soal lain yang mudah. Jika sudah yakin menjawab semua soal yang mudah, baru beralih ke soal yang menurut kita sulit.

7. Komposisi Pilihan Jawaban Benar Hampir Selalu Berimbang

Komposisi jawaban yang benar dari soal pilihan ganda ujian STAN hampir selalu berimbang. Maksudnya, jika soal ujian STAN terdiri dari 100 soal, maka komposisi jawaban yang benar masing-masing adalah jawaban benar A 25, B 25, C 25 dan D 25.

Maksud jawaban benar berimbang dari soal ujian STAN adalah kamu tidak bisa hanya hebat sekali di pemahaman logika, tapi jeblok di Bahasa Indonesia. Pointnya harus merata. Ini dimaksudkan agar lulusan STAN bisa multitasking dan siap ditempatkan dimana saja.

Ponco Sampurno, lulusan STAN tahun 2004, Entrepreuner, bersama Tantowy Yahya mendirikan TYPSS (Tantowi Yahya Public Speaking Schools)

8. Jangan Terlalu Khawatir Dengan Jawaban Kosong

Jika kamu benar-benar tidak bisa menjawab salah satu atau beberapa soal, biarkan kosong dan lanjut ke soal berikutnya. Jangan habiskan waktu pada sesuatu yang benar-benar kita tidak punya ide tentangnya.

9. Gunakan Spekulasi Terukur Berdasarkan Poin Ke-3

Setelah menjawab semua pertanyaan yang menurut kamu yakin jawabannya benar, periksa kembali kertas jawaban. Jika masih ada beberapa yang kosong, dan waktunya sudah sangat terbatas gunakan spekulasi terukur berdasarkan point 3 dengan cara menghitung kembali jawaban A, B, C, dan D.

10. Perbanyak Doa

Seteleh melakukan ikhtiar-ikhtiar tersebut di atas, hal yang perlu kamu kerjakan berikutnya adalah memperbanyak doa. Apalagi dalam agama Islam, doa adalah senjatanya seorang muslim.

Nah, demikian tadi strategi jitu lulus usm stan. Buat kamu yang sudah mendaftar STAN dan akan menghadapi uSM STAN, good luck ya 🙂


Comments

10 Strategi Jitu Lulus USM PKN STAN — No Comments

    Leave a Reply