Home » Segera Lakukan Ini Jika Transaksi ATM Gagal Tapi Saldo Rekening Terdebet

Saat melakukan transaksi bank menggunakan ATM, ada kalanya mesin ATM mengalami kerusakan atau jaringan internet yang digunakan ATM mengalami gangguan. Akibatnya, transaksi ATM tidak berjalan sempurna dan berdampak pada nasabah bank. Misalnya, ada yang kartu ATMnya tertelan. Atau, ada juga yang pada saat sudah melakukan transaksi mengambil uang atau transfer transfer, loading transaksinya lama dan pada saat keluar tidak ada struk atau pun pemberitahuan apakah transaksi berhasil. Jika menemui hal seperti ini, segera cek saldo rekening karena biasanya rekening akan terdebet. Segera lakukan cara ini jika transaksi ATM gagal tapi saldo rekening terdebet.

 

Yang Perlu Dilakukan Jika Transaksi ATM Gagal Tapi Saldo Rekening Terdebet

Berikut langkah yang perlu dilakukan jika mengalami kondisi transaksi gagal tapi saldo kamu berkurang:

1. Jangan panik! Hal pertama yang perlu kamu sadari adalah ada jutaan pemilik rekening bank. Dari jutaan pemilik rekening tadi, ada kemungkinan seseorang yang mengalami hal yang sama. Untuk itu jangan panik dan baca langkah berikutnya.

2. Hubungi penerima uang. Tujuan menghubungi penerima uang adalah untuk memastikan bahwa orang tesebut memang belum menerima transfer.

3. Catat kronologi kejadian secara lengkap. Sebelum meninggalkan lokasi ATM, catat kronologi kejadian selengkap munkin. Hal-hal yang perlu kamu catat antara lain nama tempat atau lokasi ATM, waktu kejadian, nama dan nomor rekening tujuan transfer, nominal yang ditransfer.

4. Hubungi Customer Service bank untuk melaporkan kejadian. Saat menghubungi customer service, mereka biasanya akan meminta informasi lengkap tentang kronologi kejadian. Atau jika lokasi bank cukup dekat, segera datangi kantor cabang bank tersebut untuk membuat laporan secara tertulis serta pengajuan pengembalian dana atau refund. Biasanya, customer service akan memberitahukan bahwa pengurusan refund ini bisa mencapai 14 hari.

5. Pantau terus perkembangan proses pengajuan refund. Pada hari berikutnya, hubungi kembali customer service untuk menanyakan update laporan pengajuan refund yang kita buat. Jangan lupa untuk mengatakan ke customer service bahwa kita membutuhkan uang tersebut. Untuk meyakinkan, kamu juga bisa melakukan pengecekan saldo tabungan.

Berdasarkan pengalaman, pihak bank ternyata sangat kooperatif dalam menghadapi komplain semacam ini.

Demikian tadi langkah yang perlu dilakukan jika transaksi atm gagal tapi saldo rekening terdebet. Semoga bermanfaat.


Comments

Segera Lakukan Ini Jika Transaksi ATM Gagal Tapi Saldo Rekening Terdebet — No Comments

    Leave a Reply