Batu Akik Giok Anggur Bau-Bau

Pasca ditemukannya batu giok aceh yang penuh kontroversi beberapa waktu waktu lalu, membuat batu giok semakin melambung kepopulerannya, banyak masyarakat dan akiklovers yang begitu terpesona dengan keindahan batu akik ini.

image: Siopung.com

Ragam dan jenis batu giok yang begitu melegenda ini, maka salah satu jenis batu giok lainnya, yaitu batu giok anggur asal pulau bau-bau Sulawesi ini, bagitu terlihat indah dan tak kalah dengan batu giok aceh. Seiring dengan naik daunnya batu giok di Indonesia, jenis batu giok anggur bau-bau ini juga semakin sulit di temukan. Sebutan batu giok anggur ini,karena secara penampilan kasat mata, batu akik ini memiliki tampilan seperti buah anggur yang sedang ranum. Cirikhas batu giok ini adalah warna hijau pupus putih seperti buah anggur.

Dalam acara pemeran batu mulia yang di adakan di kota wonosobo beberapa waktu lalu, batu giok bau-bau ini begitu menyita perhatian para pengunjung dan akik lovers, walau sebenarnya batu akik ini telah lama ada, namun baru beberapa waktu ini di kenal secara luas.

Semakin di kenalnya batu giok bau-bau secara meluas, membuat batu akik ini ikut terdongkrak kepopulerannya dan harganya pun saat ini bisa naik hingga 2 kali lipatnya. Jika dulu harga batu giok bau-bau di hargai kisaran 150 hingga 200 ribu, maka saat ini bisa mencapai 300 hingga 400 ribu rupiah perbatunya.

Keunikan lain dari batu akik giok bau-bau ini, secara sekilas memang memiliki warna hijau pupus keputihan, tetapi jika terkena sinar atau sorot lampu makan akan tampak warna hijau berpendar. Walau dari segi kekerasan, batu giok bau-bau masih di bawah giok aceh, tetapi karena keindahan warna hijau yang khas, membuat batu ini memiliki daya tarik tersendiri, batu akik giok anggur bau-bau ini memiliki tingkat kekerasan sekitar 4 skala mohs.

Untuk perawatan batu giok anggur bau-bau ini sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena bisa menyebabkan terjadinya perubahan warna yakni, menjadi hijau dop putih atau warna Kristal yang membeku kering.