Cara Merawat V-Belt Motor Matic Agar Awet

Cara Merawat V-Belt Motor Metik– Motor matik sekarang ini bisa dibilang telah mendominasi disetiap jalanan. Penggunanya sendiri melebihi motor jenis lain. Jika kita perhatikan, motor metik tidak menggunakan rantai seperti motor pada umumnya.

Image: Otosite.net

Motor metic sebenarnya menggunakan penggerak yang bernama V-Belt. Penggerak ini berfungsi menghubungkan antara Pulley Primary dengan Pulley Secondary yang tersimpan di dalam sebuah ruangan pendingin.

Ruangan pendingin yang ada pada motor matik didesain secara tertutup bertujuan agar kotoran dan debu tidak membuat V-Belt mudah rusak dan mengalami gangguan atau masalah. Karena apabila V-Belt putus, motor tipe matik tidak bisa berjalan lagi.

Salah satu cara merawat V-Belt motor metikagar awet adalah dengan melakukan penggantian secara rutin. Menurut para ahli, bagian tersebut perlu diganti setelah motor menempuh jarak sejauh lebih dari 20 KM.

Disarankan para pemilik motor matik agar selalu mengganti secara rutin dan tidak menunggunya putus terlebih dahulu. Tidak ada bunyi khas yang bisa menunjukan bahwa V-Belt mengalami masalah atau akan putus. Untuk mengetahui kondisinya Anda harus cek secara langsung.

Ada banyak sekali ciri fisik yang bisa menjadi indikasi V-Belt harus segera diganti secepatnya. Adapun ciri-ciri yang sering muncul antara lain:

– Perhatikan bagian lekukan berbentuk huruf V pada bagian yang bergerigi. Setelah itu tekan dan perhatikan setiap bagian. Apabila ada bagian yang sudah retak, itu berarti V-Belt harus secepat mungkin diganti yang baru.

– Perhatikan pula pada bagian cekungan dari samping. Jika bagian geriginya cukup tajam dan runcing, berarti bagian tersebut sudah aus dan harus cepat diganti. V-Belt yang cepat aus biasanya dapat disebabkan karena motor mengangkat beban melebihi kapasitas maksimum.

Itulah sajian informasi mengenai cara merawat V-Belt motor metikagar awet dan tidak mudah rusak. Selalu lakukan penggantian setiap motor melaju sejauh 20 KM secara rutin. Penggantian tersebut akan semakin lebih cepat apabila motor Anda bekerja lebih keras, khususnya selalu digunakan untuk membawa muatan banyak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.