Cara Merawat dan Membersihkan Perabot Microsuede

Microsuede adalah kain yang terbuat dari serat sintetis yang ditenun dengan sangat rapat sehingga permukaannya tahan air dan awet. Karena microfiber dibentuk agar terlihat seperti kulit atau suede, bahan ini menjadi pilihan pelapis yang populer untuk rumah, restoran dan ruang komersial. Sofa dan kursi microsuede mungkin lebih tahan lama daripada yang dibuat dengan kain lain, tetapi mereka tidak bebas dari tumpahan dan kotoran lainnya. Ikuti tips ini untuk membersihkan dan membersihkan perabot microsuede Anda.

Image: Fiveprime.com

Perawatan Dasar Perabot Microsuede

1) Vakum microsuede untuk menghilangkan remah-remah dan debu. Lakukan vakum seminggu sekali, atau lebih sering jika Anda memiliki hewan peliharaan yang suka bermain di kursi Anda sehingga tetap terlihat bersih dan baru.

2) Cuci kering perabot microsuede dengan bubuk deterjen. Taburkan deterjen di atas kain, sikat perlahan menggunakan kain atau kuas, kemudian lakukan vakum.

3) Ketahui kode microfiber Anda. Perabot microsuede dilengkapi tag berkode yang menunjukkan jenis larutan pembersih dapat digunakan. “W” menunjukkan bahwa larutan pembersih berbasis air dapat digunakan. “S” menunjukkan bahwa pembersih berbasis pelarut (atau sejenisnya yang melarutkan senyawa kimia) dapat digunakan. “SW” menunjukkan bahwa Anda dapat dengan aman menggunakan kedua jenis pembersih.

4) Cuci perabot microsuede sekali setiap beberapa bulan. Meskipun tidak bernoda, mencuci membuatnya tetap berbau segar dan tampak bersih.

CaraMencuciPerabot Microsuede

1) Beli jenis larutan pembersih untuk perabot Anda. Isi botol semprot dengan pembersih yang direkomendasikan oleh produsen microsuede.

2) Semprotkan ke area yang akan dibersihkan. Untuk membersihkan seluruh permukaan, kerjakan secara bertahap di tiga bagian agar kain tidak terlalu jenuh.

3) Lap cairan pembersih dari furnitur. Tekan bagian-bagian yang jenuh menggunakan kain putih bersih. Gosok perlahan dalam gerakan melingkar. Lap kain dengan spons untuk membuang kelebihan air.

4) Biarkan kering. Bahan microfiber akan cepat kering. Biarkan 15 sampai 20 menit agar benar-benar kering sebelum menggunakannya.

CaraMenghilangkan Noda

1) Segera lap tumpahan untuk menghindari munculnya noda. Bersihkan dengan handuk kertas atau kain bersih. Jangan menyerapkan tumpahan ke dalam kain, usap ringan sehingga tidak terserap. Taburkan baking soda di atas tumpahan yang cukup besar. Saat kering, lakukan vakum di atasnya.

2) Gunakan alkohol untuk noda membandel. Rendam ujung kain atau sepotong kapas dalam alkohol dan gosokkan dengan lembut pada noda hingga hilang. Tisu tangan yang mengandung alkohol juga bisa menjadi alternatif. Anda juga dapat menggunakan vodka jika tidak memiliki alkohol di rumah. Jangan menggunakan cairan yang tidak jelas.

3) Coba gunakan cuka pada noda minyak. Basahi kain dengan cuka dan gosok noda sampai hilang. Untuk menyamarkan bau cuka, cuci microsuede dengan pembersih setelah menggunakan cuka.

Tags: