Mendesain Taman Rumah

Keberadaan taman di sebuah rumah, mampu menyegarkan setiap pandangan mata yang melihatnya. Tak peduli besar atau kecil sebuah rumah, kehadiran taman akan menciptakan suasana tersendiri. Aneka tanaman yang tertata dengan rapi juga menghasilkan estetika yang luar biasa. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi penghuninya. Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai taman yang indah di halaman rumah Anda, berikut ini tips-tipsnya.

Image:www.popeti.com
  1. Pahami ruang taman

Luas sempitnya lahan akan mempengaruhi desain yang akan direncanakan. Sebelum mendesain, pastikan Anda memahami ruang taman yang hendak ditanami. Untuk ruang yang sempit, pilihlah tanaman yang tidak terlalu rindang dan tidak mudah berkembang. Sebaliknya untuk taman yang luas, sempatkan menanam pohon buah agar udara sejuk.

  1. Tentukan tipe taman

Setelah mengetahui luas sempitnya lahan, barulah Anda menentukan tipe taman. Karena dengan mempunyai rencana tipe taman, maka ketika membuat taman akan lebih terarah langkahnya.

  1. Perhatikan anggaran

Jangan lupa untuk hal yang satu ini, yaitu memperhatikan isi kantong Anda. Sesuaikan keadaan taman yang kita buat tidak melebihi anggaran.

  1. Kenali tipe tanah

Sebelum menanam, kenali dahulu tipe tanah. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap subur tidaknya tanaman.

  1. Pelajari ketersediaan matahari

Perhatikan juga sinar matahari akan mengenai bagian mana. Sehingga peletakan tanaman yang harus terkena sinar bisa diketahui.

  1. Sesuaikan desain dengan cat bangunan

Perhatikan suasana rumah ketika mendesain taman. Jika lahan sempit, gunakan cat yang cerah untuk memberikan kesan luas pad ataman dan sekeliling rumag. Namun, jika lahan luas, warna cat yang sedikit gelap akan memberikan kesan tegas.

  1. Gunakan ornamen pendukung

Taman yang indah dan cantik, akan terlihat lebih sempurna jika ditambah dengan ornament seperti air mancur, kolam ikan, ataupun ornament lain berupa burung tiruan. Ornament lain yang akan memberikan konsep maksimal adalah penggunaan benda yang bersifat horizontal maupun vertikal, seperti penggunaan paving, batu alam, dan rumput golf.

  1. Memilih tanaman hias

Menentukan tanaman yang akan ditanam di taman merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tanaman yang dipilih tidak boleh sembarangan, perlu adanya tanaman tertentu yang akan memberikan manfaat kepada pemilik rumah, seperti kesehatan. Tanaman hias yang cocok yaitu formaldehida, tipe trikhloroetilena, dan tipe benzene. Selain memberikan keindahan, tipe ini mampu menyerap polusi udara yang ada di sekitar rumah Anda. Contoh tanaman hias lain yaitu bunga matahari, mawar, iris, marigold, melati air, morning glory, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan tips diatas? Mudah bukan? Cobalah membuat desain untuk taman di rumah Anda. Selamat berkreasi !

Tags: