Tips Mencari Modal Usaha

Setiap orang yang menjalankan suatu bisnis atau usaha, pastilah ingin menjadi seseorang yang sukses. Namun, pasti aka nada halangan atau hambatan yang harus dilewati. Salah satunya dalam hal modal. Modal menjadi sebuah hambatan awal dalam sebuah usaha atau bisinis. Para pengusaha harus pintar memutar otak bagaimana cara untuk mendapatkan modal tersebut. Nah, bagi Anda yang sedang bingung bagaiman cara medapatkan modal awal dalam sebuah usaha atau bisnis, berikut ini disajikan beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips yang pertama adalah mencari modal usaha dengan cara meminjam ke bank. Sebelum pengajuan seringpula pihak bank mengetahui profil usaha yang akan Anda buat berupa proposal atau bahkan beberapa meminta Anda untuk menyampaikan Feasebility Study. Usaha yang Anda rintis akan dilihat apak bankable atau tidak. Anda pun juga harus membayar bunga pinjaman yang besarannya antara 8% sampai dengan 15% pertahun.

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan hendak menjadikan hal tersebut sebagai bisnis, cara dengan menjalin kerjasama bisa menjadi suatu pilihan. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal, atau bisa juga membantu juga dalam menjalankan usaha atau bisnis. Anda dan rekan harus membuat kesepakatan beberapa hal terlebih dahulu seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Untuk mengantisipasi, kesepakatan tersevut harus dibuat perjanjian tertulis dan bermaterai.

Selanjutnya adalah dengan menabung. Bila takut untuk meminjam, atau menemukan orang untuk ikut berinvestasi, maka menabung adalah cara yang paling mudah. Sebab Anda hanya harus menyisihkan sebagian penghasilan yang dimiliki. Tidak ada salahnya berkorban sedkit untuk kesuksesan usaha Anda.

  • Mengajukan pinjaman ke koperasi

Apabila mengajukan pinjaman ke bank cukup sulit dengan persyaratan yang ketat, maka alternative yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan pinjaman melalui koperasi seperti koperasi simpan pinjam. Mirip seperti pengajuan pinjaman ke bank, koperasi juga mensyaratkan profil usaha, feasibility study dan business plan Anda. Adapun bunga pinjaman bisa saja lebih tinggi dari bunga pinjaman bank. Apabila dirasa keuntungan yang akan didapatkan cukup tinggi dan mampu menutupi biaya bunga pinjaman tersebut, koperasi patut dijadikan sebagai salah satu alternative.

  • Mencari dana hibah perusahaan

Modal juga bisa didapat dari dana hibah perusahaan, baik perusahaan pemerintah ataupun swasta. Saat ini perusahaan besar biasanya memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan dana modal usaha melalui divisi CSR (Corporate Social Responbility). Untuk teknis penyaluran danan biasanya dalam bentuk event competition. Oleh karena itu, event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk emndapatkan tambahan danan bagi kelangsungan usahanya.

Tags: