6 Tips Mudah Berjualan Online

Teknologi yang berkembang semakin pesat membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan ini. Salah satunya dalam dunia perdagangan. Kalau dulu, setiap orang yang ingin berjualan harus mempunyai tempat atau toko. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, toko tersebut berpindah di dunia maya. Berbagai persaingan pun menjadi semakin sengit dalam menawarkan barang dagangannya. Nah, bagi Anda yang ingin sukses berjualan online, berikut ini disajikan tips-tipsnya.

Image: DigitalMarketer.id
  1. Membuat portal toko online

Bagi penjual online disarankan untuk membuat blog berbasis blogspot atau wordpress yang berisi deskripsi atau penjelasan mengenai barang ataupun jasa yang akan dijual. Jangan lupa untuk menyertakan kontak, cara bertransaksi, dan agar lebih meyakinkan pembeli sertakan biodata dan scan KTP.

  1. Perhatikan musim

Manfaatkan musim atau momen tertentu sebagai salah satu peluang dalam berjualan online. Oleh karena itu, jauh hari Anda harus bisa memprediksi dan mempersiapkan jenis barang yang akan dijual. Misalnya ketika akan tiba momen hari lebaran, Anda bisa menjual berbagai baju muslim dan perlengkapan lebaran lainnya.

  1. Perbanyak jenis barang

Untuk yang satu ini berkaitan dengan musim. Ketika barang yang Anda jual sesuai dengan musimnya, usahakan perbanyak jenis barang yang dijual. Karena semakin banyak yang ditawarkan, maka akan semakin besar barang akan terjual. Hal ini bisa membuat jualan online Anda semakin sukses.

  1. Strategi harga

Berikan harga yang fair dan kompetitif. Maksudnya, ketika barang yang Anda jual memiliki kualitas yang tinggi, deskripsikan dengan baik dan sertakan detail barang yang Anda jual serta harga yang pantas. Lakukanlah riset membandingkan harga dengan toko lain. Jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal. Yakinkan pembeli bahwa barang yang Anda jual adalah barang berkualitas.

  1. Promosi

Suatu usaha tanpa promosi tidak akan ada hasilnya. Tanpa promosi pembeli tidak akan mengetahui usaha Anda. Jika promosi Anda kuat, maka dengan mudah para calon pembeli akan tertarik dengan dagangan Anda. Promosi yang dilakukan bisa dimulai dari memperkenalkan dagangan kepada teman, membagikan brosur atau selebaran, melalui marketplace seperti facebook, twitter, kaskus dan lainnya. Bisa juga berpromosi lewat blog dan web yang Anda buat.

  1. Sentuhan pribadi

Untuk yang satu ini adalah sentuhan pribadi Anda dalam menjual dagangan melalui online. Berikan kenyamanan kepada pelanggan Anda ketika bertanya mengenai produk yang Anda jual. Selain itu, berikan kemasan yang baik dan aman ketika mengirim barang dagangan Anda. Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan. Usahakan sentuhan pribadi ini tidak memakan budget terlalu banyak bagi Anda sebagai penjualnya.

Nah, bagi Anda yang berjualan online, apakah sudah melakukan hal-hal di atas? Kalau belum lakukanlah, dan semoga sukses berdagang onlinenya.

Tags: