Cara Memadukan Aksesoris Dengan Baju

Memakai aksesoris seperti sebuah kewajiban bagi seorang wanita. Aksesoris dapat meningkatkan pancaran kecantikan anda, tapi juga bisa memperburuk penampilan. Ini terjadi bila anda salah dalam memadukan aksesoris dan gaunnya. Nah, bagi anda yang selama ini sembarangan mengenakan aksesoris, tips berikut ini dapat dijadikan panduan dalam memilih aksesoris.

Image: FlipersShop

Hindari Warna Kontras

Sebenarnya boleh saja mengenakan aksesoris yang warnanya berbeda dengan pakaian kita. Tapi jangan terlalu kontras karena akan menimbulkan kesan aneh. Apalagi bila warnanya sama-sama mencolok. Misalnya anda mengenakan celana berwarna orange yang dipadukan dengan atasan kuning bergaris abu-abu, kemudian mengenakan sepatu berwarna hijau pupus. Tentu sangat tidak cocok dan kesannya justru norak.

Bila anda merasa kurang pandai memilih warna yang sesuai, kombinasikan saja warna terang denganw arna gelap. Anda juga dapat memilih warna netral seperti hitam dan putih. Ini akan sangat membantu dalam berpenampilan.

Perhatikan Motifnya

Bila anda mengenakan pakaian bermotif, sebaiknya jangan memakai aksesoris yang bermotif kontras dengan pakaian anda. Misalnya anda memakai baju batik berwarna hijau toska. Seperti yang kita ketahui, baju batik pasti punya motif blok di seluruh tubuh. kemudian anda kenakan selendang kotak-kotak tegas. Tentu paduan ini sangat tidak menarik. Akan lebih baik bila anda mengenakan selendang polos dari warna yang tidak dominan dari kain batik yang dikenakan.

Bila anda mengenakan gaun dengan motif mencolok dan warna terang, pilihlah aksesoris berukuran kecil sebagai penyeimbang. Aksesoris berukuran besar pada gaun bermotif kuat akan menjadikannya terlihat beradu. Lain halnya bila anda mengenakan baju polos dengan warna soft yang tajam, misalnya merah marun. Nah, untuk gaun seperti ini bisa dipadukan dengan kalung mutiara yang menjuntai hingga ke dada.

Sesuai Dengan Desain

Aksesoris seperti ikat pinggang harus disesuaikan dengan model pakaiannya. Kalau pakaian itu model kain jatuh dengan ukuran sedang (pas dengan tubuh), sebaiknya tidak mengenakan ikat pinggang atau kenakan yang berukuran kecil. Sebaliknya, untuk model baju gembrong bisa mengenakan ikat pinggang yang besar.

Misalnya anda mengenakan gamis yang roknya mengembang, maka ikat pinggang berukuran besar akan cocok di tubuh anda. Tapi, bila anda mengenakan baju dress yang roknya sempit dan bagian bawahnya dibuat kecil akan sangat lucu bila dipadukan dengan ikat pinggang yang besar. Apalagi bila gaunnya ketat, tentu ini akan menjadi bahan lelucon.

Paduan yang tepat antara aksesoris dengan gaun yang dikenakan akan memancarkan kecantikan. Apalagi bila desain aksesoris yang anda kenakan berkesan elegan dengan warna tajam tapi tidak norak. Pasti, banyak pasang mata tertuju pada gaya anda ini. Tinggal melangkahkan kaki dengan penuh percaya diri saja. Semoga bermanfaat.

Tags: