Jeruk Nipis untuk Kecantikan Alami Anda

Anda pasti mengenal buah jeruk nipis bukan? Ya, si bulat hijau dengan nama ilmiah Citrus aurantium ini ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu untuk mempercantik wajah. Bagi kaum hawa merawat wajah merupakan hal yang penting. Dalam merawat wajah tentu tidak boleh sembarangan menggunakan kosmetik atau obat-obatan tertentu. Kita harus terlebih dahulu mengetahui kandungan apa yang terdapat dalam kosmetik, agar tidak merusak kecantikan wajah.

Image: HarianGadis.com

Secara umum, jeruk nipis ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu biji buah jeruk nipis mempunyai kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, besi, dan asam arkobat. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis ini juga mengandung asam sitrat, asam amino, triptofan, lisin, minyak atsiri, sitral, limonene, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid, damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan vitamin B1.

Beberapa manfaat jeruk nipis untuk mempercantik wajah adalah sebagai berikut.

Wanita selalu ingin terlihat cantik dan menarik dengan kulit wajah yang cerah. Dengan memanfaatkan vitamin C pada jeruk nipis, akan membuat wajah terlihat putih dan cerah. Hal ini tentu saja akan membuat seorang wanita tampil lebih percaya diri.

  • Membersihkan dan menghaluskan kulit wajah

Wajah yang kusam dan tidak halus tentu mengganggu penampilan pada seorang wanita. Karena itu dengan jeruk nipis maka kotoran yang ada pada pori-pori kulit akan membersihkan dan menghaluskan serta mengangkat sel kulit mati pada wajah

  • Mengurangi minyak yang berlebih pada wajah

Wajah yang berminyak tentu akan mengganggu penampilan seseorang. Penggunaan jeruk nipis yang teratur pada wajah, akan mengurangi kadar minyak yang terdapat pada wajah.

  • Menghilangkan jerawat dan komedo

Jerawat dan komedo pada wajah bagi wanita adalah momok yang membuat percaya diri seorang akan sedikit menurun. Jerawat dan komedo itu muncul akibat kotoran yang mengendap pada kulit wajah yang tidak pernah dibersihkan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan air jeruk nipis yang dioleskan pada wajah secara teratur.

  • Mengencangkan kulit wajah.

Kulit wajah yang kencang membuat penampilan lebih memukau dan percaya diri. Rajin menggunakan jeruk nipis sebagai masker akan membuat kulit wajah lebih kencang dan menghindari keriput pada wajah.

  • Menetralisir racun-racun di dalam kulit wajah akibat dari penggunaan kosmetik.

Manfaat jeruk nipis yang ini juga tidak kalah hebat, yaitu mampu menetralisir racun akibat penggunaan kosmetik.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mempercantik diri yaitu dengan menggunakannya sebagai masker pada wajah. Untuk membuat masker jeruk nipis, perhatikan langkah berikut:

  1. Potong jeruk nipis yang masih segar menjadi dua bagian
  2. Gosok-gosokkan jeruk nipis ke wajah dan leher secara perlahan dan merata
  3. Atau bisa juga peras jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian dioleskan ke wajah dengan kapas.
  4. Diamkan beberapa menit sampai kering, kemudian basuh wajah dengan air dingin.

Penggunaan masker jeruk nipis ini juga bisa ditambah dengan madu agar hasilnya lebih maksimal. Lakukan hal tersebut secara teratur, dan lihatlah hasilnya.

Selamat mencoba!

Tags: