Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding – “Not Responding” tidak sama dengan macetatau ngehang. Sebab Not Responding hanya terjadi pada satu aplikasi yang kita jalankan saja, sedangkan untuk macetterjadi pada keseluruhan sistem operasi komputer.

Image: DigitalMarketer.id

Biasanya setelah menunggu beberapa menit saja, aplikasi tersebut akan berjalan secara normal lagi. Namun apakah Anda tahu penyebab komputer mengalami Not Responding? Nah jika belum, simak informasi selengkapnya berikut ini.

  1. Terlalu banyak aplikasi

Aplikasi memang akan mempermudah pekerjaan kita supaya cepat selesai. Namun jangan sampai Anda menginstal banyak aplikasi. Mengapa? Karena banyaknya aplikasi akan membuat komputer menjadi Not Responding. Jika Anda mengalaminya, coba lihat berapa banyak aplikasi yang terinstall, kemudian cobalah untuk uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

  1. Tema/tampilan yang berlebihan

Tema atau tampilan yang berlebihan dapat memakan banyak RAM dan CPU Usage pada komputer Anda. Yang dimaksud dengan tampilan berlebihan adalah seperti penambahan gadget, widget, shortcut, dan lainnya dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, lebih baik minimalkan penggunaan penghias tampilan tersebut.

  1. Masalah hardisk

Beberapa masalah pada hardisk seperti terlalu banyak data, hardisk sudah tua, dan jarangnya defrag bisa menjadi penyebab komputer menjadi not responding. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti hardisk baru dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

  1. Adanya virus pada komputer

Virus merupakan masalah yang sering membuat kepala pusing. Sebab virus dapat berganda dalam waktu singkat dalam jumlah besar. adanya virus dapat menjadi penyebab komputer lemot dan not responding. Jika akhir-akhir ini Anda mendapatkan banyak pemberitahuan mengenai virus, maka bisa jadi itu adalah penyebabnya.

  1. Spesifikasi komputer yang kurang

Spesifikasi RAM, CPU, Memory, dan sebagainya sangatlah menentukan kecepatan akses dari komputer atau laptop. Apabila tidak ingin menemukan not responding, Anda harus memilih komputer yang berspesifikasi tinggi.

Sekian informasi mengenai penyebab komputer mengalami Not Responding. Semoga dapat memberi pencerahan bagi masalah yang sedang Anda hadapi, salam.

Tags: