Tips Pintar Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Memang dalam proses belajar terdapat rasa bosan, hal tersebut memang merupakan suatu hal yang manusiawi. Biasanya jika sudah merasakan rasa bosan, para Orang tua seharusnya mengarahkan lagi betapa pentingnya belajar. Motivasi belajar adalah kunci utama siswa atau pelajar akan mempunyai semangat lagi dalam proses belajar. Biasanya motivasi belajar di berikan pada anak ketika anak malas dalam belajar.

Image: Vemale.com

Nah untuk anda yang memperlukan bagaiamana cara untuk memotivasi semangat belajar pada anak, berikut adalah tips pintar mengenai Meningkatkan Motivasi Belajar Anak :

Memberikan Hadiah

Hadiah memang paling di sukai oleh anak apalagi jika yang memberikan adalah orang tua. Dengan cara ini anda sebagai orang tua dapat meningkatkan semangat belajar pada anak, namun anda perlu memberikannya setelah anak anda mendapatkan nilai memuaskan dalam sekolahnya. Dengan begitu biasanya anak akan belajar dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hadiah yang menarik dari orang tua.

Membentuk Kebiasaan Belajar Secara Baik dan Efektif

Cara ini memang dapat meningkatkan motivasi untuk belajar apalagi jika dengan kebiasaan yang baik dan benar saat belajar. Sehingga apabila anak mulai malas dalam belajar dia mempunyai sebuah motivasi baru dalam proses belajarnya.

Menggunakan Berbagai Metode yang Bervariasi

Metode yang di gunakan dalam belajar jangan tersudut pada satu buah metode saja, melainkan mempunyai banyak variasi dalam proses belajar. Hal ini memang bertujuan agar sang anak dalam belajarnya tidak terlalu bosan dan terasa menjenuhkan. Apalagi jika guru di sekolah mempunyai banyak metode untuk membuat motivasi belajar anak menjadi tinggi.

Membantu Anak Ketika Kesulitan Dalam Belajar

Orang tua dan guru memang di haruskan dalam mendampingi anak dalam belajar. Hal ini bertujuan agar memperhatikan proses belajar si anak dan bagaimana hasil dari belajarnya tersebut. Biasanya anak akan menyukai dengan adanya gambar dan beberapa macam warna untuk proses belajarnya. Cara ini merupakan metode menarik untuk mengajak anak supaya dia mau untuk mempelajari pelajaran tersebut, dan mencatatnya.

Memberikan Hukuman

Cara meningkatkan motivasi belajar pada anak selanjutnya adalah memberikan hukuman. Hukuman ini akan di berikan kepada siswa bagi yang melakukan kesalahan atau pelanggaran yang ada. Contohnya siswa tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah yang di berikan gurunya maka siswa tersebut akan mendapatkan hukuman dari guru. Hukuman yang di berikan harus bersifat mendidik misalnya dengan cara membuat kliping dalam bahasa inggris dengan tema pendidikan, mencari artikel dengan tema cara belajar efektif, mengarang, dan lain sebagainya. Tujuan dari hukuman ini adalah supaya siswa mau belajar dengan rajin dan meningkatkan kedisiplinan dalam belajar.

Memberikan Ulangan Materi Pelajaran

Biasanya jika sudah menyelesaikan suatu Bab guru akan memberikan penilaian dalam bentuk ulangan atau praktek bagi pelajaran tertentu. Dengan cara ini maka anak di haruskan mendapatkan nilai baik dan jika mendapatkan nilai jelek maka guru wajib melaporkan dan meminta tanda tangan kepada orang tua setelah penilaian ulangan di lakukan. Dengan ini siswa akan merasa mempunyai tanggung jawab untuk mendapatkan nilai yang bagus dan mempunyai motivasi baru dalam belajarnya.

Motivasi belajar ini memang sangat di perlukan bagi setiap pelajar yang ada entah itu di bangku Kelas Dasar atau SD, SMP, SMA bahkan di Perguruan Tinggi. Namun cara belajar yang baik dan efektif alangkah baiknya jika di perkenalkan anak sejak usia dini, sehingga anak akan terbiasa belajar dengan baik dan benar ketika dia sudah besar.

Tags: