Gaya Berjilbab Sesuai Bentuk Wajah

Memakai jilbab merupakan kewajiban setiap muslimah, yaitu untuk menutup aurat. Perkembangan model jilbab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dari yang awalnya hanya berupa model langsungan berupa berg, sekarang sudah beraneka macam. Ada pasmina, scarf, sampai syiria. Untuk gaya berjilbab pun sudah bervariasi. Hal ini menambah kesan trendy dan modis pada muslimah berjilbab. Namun, beberapa muslimah masih ada yang bingung bagaimana cara mengaplikasikan gaya berjilbab sesuai dengan bentuk wajah mereka. Berikut ini disajikan tipsnya.

  1. Wajah Bulat

Bagi wanita yang memiliki Wajah Bulat, lebih pantas mengenakan jilbab yang menutupi sebagian luar pipi, tujuannya memberi kesan lebih panjang untuk wajah anda. Kenakan jilbab yang menutupi sebagian pipi untuk menutupi bagian pipi yang chubby. Gunakan juga bahan yang jatuh agar memberikan efek wajah lebih ramping. Jangan gunakan sifon sutra (yang terlalu jatuh dan tipis) dan kaos tipis karena akan mempertegas tekstur wajah bulat anda, gunakan bahan sifon serat jagung, rajut ringan, crepe berfungsi memberi dimensi antara wajah dan kerudung. Lalu tatanan rambut juga penting, jika anda mempunyai rambut yang panjang, sebaiknya dikuncir biasa, karena cepol atau konde yang berisi/volume akan memberikan efek terhadap kepala semakin besar, selain tatanan rambut yaitu aksesoris, jangan menggunakan aksesoris yang berisi/volume di area kepala yang memberikan efek membundar/bulat seperti brooch bunga mengembang. Yang terpenting hindari pemakaian jilbab yang ketat dan menutupi dahi anda serta menonjolkan dahi anda.

  1. Wajah panjang atau lonjong
Image: HijabYuk

Bagi yang berwajah panjang, akan lebih cantik menggunakan hijab arab atau Turkish hijab style. Karena gaya berjilbab ini menggunakan ciput dalam hingga dahi, sehingga akan mengurangi efek bentuk wajah yang panjang. Selain itu, juga memberikan kesan penuh pada wajah yang panjang. Tatanan rambutnya boleh digelung sebagai cepol, agar benntuk kepala seimbang dengan wajah. Namun, jangan menggelung terlalu tinggi, karena akan membuat kepala terlihat semakin panjang.

  1. Wajah kecil atau oval
Image; Hipwee

Wajah oval ini, wajah paling mudah menentukan gaya berjilbab, karena wajah dengan model oval cocok menggunakan semua model jilbab. Hanya tinggal memadukan warna antara warna kulit dan warna jilbab. Bagi yang berwajah oval, bisa memakai aksen turban dan aksen loose. Lebih cocok lagi, kenakan jilbab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga dagu.

  1. Wajah kotakpersegi

Wajah kotak harus menyamarkan bentuk rahang yang tegas, yaitu dengan memilih jilbab yang membulat agar membingkai wajah, sehingga menyamarkan garis tajam di area bawah muka.

  1. Wajah segitiga

Wanita dengan bentuk wajah segitiga lebih cocok mengunakan jilbab yang longgar. Untuk gaya berjilbab, fokuskan pada daerah dahi yang lebar, dan buatlah lipatan lembut didaerah dahi.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi semua. Selamat mencoba !

Tags: