Cara Sharing Komputer ke Komputer Lain untuk Windows XP Windows 7 dan Windows 8

Bagi sebagian orang sharing komputer merupakan sesuatu hal yang sangat mudah namun tidak demikian dengan pemula yang baru saja mengenal komputer. Tujuan sharing komputer yaitu untuk berbagi akses antara satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan / network. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan cara sharing komputer ke komputer lain dengan mudah, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu komputer anda sudah terhubung dalam suatu jaringan (pembahasan cara setting jaringan akan kami tulis dalam kesempatan lain).

Cara Sharing komputer di Windows XP

Di Windows XP sebenarnya sudah disiapkan satu folder yang terletak di C:\Documents and Settings\All Users\Documents yang apabila kita letakkan file di folder tersebut maka computer lain dalam satu jaringan dapat mengaksesnya. Namun apabila anda telah memiliki satu folder tertentu dan ingin melakukan share terhadapa folder tersebut maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Klik Kanan folder yang akan anda share lalu klik kiri Sharing and Security. Pilih tab Sharing. Pada Network sharing and Security, lakukan check (klik kiri) di depan Share this folder on the network . Dibagian Share name silakan diisi sesua dengan nama yang anda inginkan . Apabila anda menginginkan pengguna lain dalam suatu jaringan komputer dapat mengubah (menambah atau menghapus) file-file yang ada di dalam folder tersebut, maka check Allow network user to change my files.

Cara Sharing komputer di Windows 7 dan Windows 8

Cara sharing komputer ke komputer lain untuk Windows 7 dan Windows 8 adalah sama. Silakan klik kanan folder yang akan anda share. Klik kiri Share with dan lanjutkan dengan klik kiri Specific people. Di drop down menu silakan pilih user yang anda perbolehkan untuk mengakses folder tersebut lalu klik kiri Add.Apabila anda menginginkan seluruh user dapat mengakses folder tersebut maka silakan pilih Everyone di drop down menu lalu klikAdd.Anda juga dapat mengatur permission terhadap user yang telah anda pilih untuk diberi akses ke folder tersebut. Caranya yaitu, pada bagian Permission levelsilakan anda pilih usernya lalu pilihRead(user hanya bias membaca atau meng copy file-file dalam folder tersebut) atau Read/Write(user akan mendapatkan full akses / bias menambah atau menghapus file-file dalam folder tersebut). Setelah prosedur di atas dilakukan, lanjutkan dengan klik kiri Sharedan folder tersebut telah berhasil anda share.

Cara akses folder atau file yang telah dishare

Setelah folder tersebut berhasil anda share, lalu bagaimana cara mengaksesnya dari komputer lain? Silakan anda klik windows start menu lalu klik Run(untuk windows XP) atau klik WIndows+R untuk windows 7 dan 8 lalu ketik \\192.168.0.1(dengan asumsi bahwa 192.168.0.1 adalah ip address dari komputer yang foldernya telah anda share)

Demikian langkah-langkah mudah cara sharing komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan untuk sistem operasi windows. Untuk cara sharing folder di Linux akan kami bahas pada kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Tags: