Tips Jitu Mengatur Gaji Bulanan

Anda merasa gaji Anda pas-pasan? Keuangan Anda sering sudah sekarat padahal tanggal gajian masih jauh? Mungkin Anda sering terlena saat waktunya gajian tiba. Anda seringkali langsung membeli barang-barang yang Anda inginkan, bukan yang Anda butuhkan, seperti makan di restoran mewah dan travelling. Padahal banyak tagihan dan cicilan yang harus dibayar tepat waktu. Akibatnya, ketika pertengahan bulan uang Anda sudah semakin sedikit. Lalu, bagaimana caranya mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih besar daripada gaji Anda? Berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda.

Image: Plukme.com
  • Buatlah anggaran belanja bulanan. Setiap bulan, Anda wajib membuat rencana anggaran belanja ketika menerima gaji. Mungkin terlihat seperti perhitungan, tapi cara ini terbukti efektif untuk mengatur keuangan Anda. Yang pertama, buat anggaran belanja untuk kebutuhan primer Anda seperti uang makan, tagihan listrik, tagihan air, transportasi, dan sebagainya. Yang kedua, buat anggaran untuk kebutuhan tersier Anda seperti shopping, travelling, dan nongkrong dengan teman-teman. Lebih baik lagi, bila Anda menilik pengeluaran Anda selama tiga bulan terakhir sehingga Anda akan lebih tahu selama ini uang Anda digunakan untuk apa saja. Semakin nyata dan realistis anggaran belanja, maka akan semakin baik.
  • Lunasi tagihan dan cicilan. Segera lunasi tagihan dan cicilan yang belum Anda bayar saat gajian tiba. Bila cicilan tersebut tidak dapat Anda lunasi dalam waktu singkat, lakukan analisa dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga lunas. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30% pendapatan Anda. Jangan sampai gaji Anda habis hanya untuk membayar tagihan cicilan. Oleh karena itu, berpikir ulanglah sebelum memutuskan untuk mencicil sesuatu.
  • Buatlah dua rekening dari bank yang berbeda.Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Rekening yang lain Anda gunakan khusus untuk menabung. Oleh karena itu, pilihlah bank dan jenis tabungan dengan biaya administrasi yang kecil. Cari juga yang ATM nya terbatas sehingga Anda tidak dapat dengan mudah mengambil uang dari tabungan tersebut. Buat aturan juga bahwa minimal Anda harus menabung berapa persen dari gaji Anda dan itu adalah sesuatu yang wajib Anda penuhi.

Pisahkan rekening belanja dan rekening tabungan

  • Catat semua keuangan Anda.Tulislah semua pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan. Jangan buang struk belanja karena dapat membantu Anda dalam mencatat pengeluaran. Lakukan hal tersebut setiap hari sehingga Anda akan tahu kemana saja uang Anda selama ini.
  • Bandingkan pengeluaran dengan rencana anggaran. Setiap akhir bulan, analisalah kesesuaian antara pengeluaran Anda dan rencana anggaran. Apakah pengeluaran Anda sesuai dengan rencana anggaran yang sudah Anda buat? Bila berbeda jauh, mungkin rencana anggaran Anda masih kurang realistis sehingga perlu dilakukan revisi.

Tags: