Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Banyak penelitian membuktikan bahwa usia tebaik untuk belajar bahasa adalah di saat masa kanak-kanak. Hal ini dikarenakan anak-anak, khususnya yang berada dalam periode emas berumur 1-5 tahun, dapat menguasai bahasa secara maksimal dan mampu menirukan pengucapanya dengan tepat. Masa kanak-kanak juga sangat tepat untuk mempelajari dua atau tiga bahasa sekaligus tak terkecuali bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris untuk anak sedini mungkin dapat membuat mereka menguasai bahasa Inggris tersebut tanpa perlu usaha ekstra seperti orang dewasa. Analogi sederhananya bisa dilihat dari sebagian besar warga Indonesia yang mampu menguasai paling sedikit dua bahasa yakni bahasa daerah dan bahasa Indonesia tanpa menghadiri kelas formal. Hal ini dikarenakan mereka telah dikenalkan dengan dua bahasa sejak kecil.

Image: englishCafe.co.id

Maka dari itu, bahasa Inggris bisa dipelajari dengan mudah oleh anak-anak seperti mereka mempelajari bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Nah, untuk mewujudkannya, belajar bahasa Inggris untuk anak bisa dilakukan dengan beberapa cara efektif seperti ini:

Lingkungan keluarga yang mendukung

Bahasa Inggris akan mudah dipelajari jika orang di sekitar juga mempraktikkan bahasa Inggrisnya. Jadi, tidak cukup belajar bahasa Inggris dari sekolah saja, lingkungan rumah pun harus mendukung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila keluarga selalu kompak berkomunikasi bahasa Inggris di dalam rumah. Meskipun lingkungan di sekitar rumah maupun di sekolah masih menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah, anak akan memperoleh input yang cukup dari bahasa Inggris yang diajarkan keluarganya. Selain itu, mendengarkan lagu maupun menonton acara dalam bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kosa kata.

Memberikan pujian

Anak-anak harus diberi semangat untuk tetap belajar dan cara termudah adalah memberikan pujian. Pujian dapat diberikan tidak hanya saat anak mencapai keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris, namun juga saat mereka mengalami kegagalan karena mereka telah berusaha.

Belajar dengan hal menyenangkan

Belajar bahasa Inggris untuk anak haruslah dalam kondisi yang santai dan menyenangkan agar anak tidak merasa bosan dan tegang. Ceritakan dongeng dalam bahasa Inggris dan gunakan boneka tangan agar lebih ekspresif. Anda juga bisa memutar video Barney dengan subtitle bahasa Inggris ataupun memutar lagu anak-anak dalam bahasa Inggris. Selain itu, anak bisa bermain dengan permainan edukatif seperti scrabble, snake and ladder, monopoly, dan atau game computer yang menggunakan instruksi dalam bahasa Inggris.

Bertemu native speaker

Mempraktekkan langsung bahasa Inggris dengan penutur aslinya tentu lebih menyenangkan dan memuaskan. Ajak anak ke tempat wisata di mana banyak turis yang berdatangan. Jika anak masih merasa malu, paling tidak mereka bisa mendengarkan ucapan bahasa Inggris mereka. Dan, bila memungkinkan, ajak anak berlibur ke Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Di sana, mereka akan mendapatkan banyak input dan dapat mendorong mereka berbicara dalam bahasa Inggris karena lingkungannya yang mendukung.

Tags: