Fitur Ponsel Android

Ponsel android saat ini digandrungi oleh semua lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menggunakannya. Dengan cirri khas layar sentuh dan control kerja pada ponsel android, berhasil memikat pecinta ponsel. Ditambah dengan tampilan antarmuka atau User Interface, berbagai aplikasi, hingga fitur yang menyertainya. Harga yang ditawarkan pun tidak hanya dari harga menengah sampai sangat mahal, namun juga bisa ditemukan dengan harga yang murah. Tidak dipungkiri, kelebihan ponsel pintar ini, mampu menyaingi Blackberry.

Image: Kompas

Salah satu kelebihan android adalah terletak pada fitur-fitur yang disajikan. Berikut ini disajikan fitur yang hanya ada diponsel android.

  1. Layar yang lebar

Ponsel berbasis android memiliki ukuran layar variatif, mulai dari 3 inci sampai dengan 7 inci. Sebagian besar malah sudah dirilis lebih dari 4 inci. Layar yang lebar ini membuat pecinta gadget lebih mudah dalam mengeksplorasi ponsel. Tampilan yang ditayangkan juga akan lebih jelas.

  1. Dukungan terhadap kartu SD

Perangkat android dilengkapi dengan dukungan kartu memori. Misalnya, kapasitas media internal perangkat hanya sebesar 64 GB dan ia mendukung kartu memori 64 GB, berarti produk tersebut total memliki kapasitas penyimpanan 128 GB. Besar sekali bukan? Sehingga apabila aplikasi yang kita jalankan banyak, maka ponsel ini tetap berjalan dengan lancar alias tidak akan lemot.

  1. Customisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper animasi.

Fitur yang satu ini juga tak kalah hebat, yaitu pengguna android memiliki kebebasan untuk melakukan customisasi. Pengguna bisa menambahkan widget yaitu semacam shortcut yang memungkinkan pengguna untuk memakai fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya di layar home. Ponsel ini juga mendukung wallpaper dalam bentuk animasi. Layar home pun juga bisa ditambahkan dengan berbagai shortcut aplikasi.

  1. Bisa ganti baterai

Sebagian besar produk android dilengkapi kemampuan untuk menukar baterai. Jadi, apabila ada kerusakan atau baterai mulai “boros”, pengguna bisa menggantinya dengan baterai yang baru.

  1. Aplikasi peta digital yang bagus

Dalam ponsel android terdapat aplikasi Google Maps, dimana pengguna semisal ingin berkunjung suatu tempat yang tidak tahu arahnya, dia bisa menggunakan google maps untuk mencari lokasi yang ingin dikunjungi. Di dalam ponsel android ini, aplikasi tersebut sudah dapat langsung dinikmati tanpa mendownloadnya terlebih dahulu.

  1. Menggunakan charger USB standar

Charger pada android, rata-rata jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Pengguna ketika bepergian pun tidak akan repot untuk mengisi daya baterai.

  1. Sinkronisasi data Google yang mudah

Untuk pengguna android, jika ingin menyinkronisasikan data, hanya cukup memasukkan akun Google mereka ke ponsel dan otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis juga akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark, dan berbagai hal lainnya.

Tags: