8 Cara Mengobati Bau Badan

Bau badan menyengat adalah masalah memalukan bagi banyak orang dan menjadi topik yang sensitif, tidak dapat dibicarakan secara terbuka. Meskipun berbagai produk komersial dan semprotan pengharum dapat membantu mengontrol bau badan, produk tersebut seringnya tidak mengatasi penyebab dasar bau badan. Beberapa solusi alami dapat membantu mengobati bau badan yang tidak diinginkan dan memberikan aroma segar serta bersih. Memahami beberapa penyebab bau badan dan mencoba bahan alami dapat efektif untuk mengobati masalah ini.

Image: Tribunnews.com
  1. Gunakan Deodoran Alami Bebas Aluminium

Berbagai deodoran herbal dan bubuk yang dipasarkan dirasa sudah cukup efektif untuk mengontrol bau badan. Deodoran bubuk diformulasikan dari amonium alum. Jika Anda ingin menghindari bahan atau kimia tertentu, konsultasikan daftar bahan deodoran Anda untuk memastikan tidak adanya kandungan bahan tersebut. Produk organik adalah pilihan terbaik. Ketiak memiliki fungsi kesehatan yang penting dalam membuang racun sehingga harus dipastikan agar selalu terbuka dan tidak tersumbat.

Banyak deodoran dan antiperspirant yang dibuat dengan aluminium untuk menghentikan keringat dari kelenjar keringat. Aluminium ini diduga dapat terakumulasi dalam sistem saraf dan akhirnya berkontribusi terhadap gangguan sistem saraf seperti penyakit Alzheimer.

  1. Mandi Secara Teratur

Mandilah setidaknya sekali sehari untuk membantu membatasi populasi bakteri pada kulit yang dapat menjadi sumber bau badan. Saat mandi, fokuslah pada area umum seperti kaki dan ketiak. Keringkan tubuh Anda dengan baik setelah mandi karena bakteri tmbuh dan berkembang dengan baik pada kulit lembab.

  1. Percikkan Cuka

Cuka adalah antiseptik alami dan dapat membantu membunuh bakteri serta jamur pada permukaan kulit. Memercikkan cuka putih atau sari apel di area yang bau, kemudian lap hingga kering, dapat membantu menghilangkan bau menyengat.

  1. Makan Suplemen Hijau

Tambahkan sayuran, gandum atau suplemen klorofil dalam vitamin harian Anda. Suplemen tersebut dapat bertindak sebagai pengharum alami dan dapat membantu Anda tetap berbau segar.

  1. Kenakan Pakaian Dari Serat Alami

Kenakan pakaian dari serat alami seperti sutra atau katun untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik pada permukaan kulit. Hal ini membantu menjaga agar kulit tetap kering dan mencegah kelembaban di mana bakteri penyebab bau dapat berkembang.

  1. Usapkan Sterilizer Alami

Usap ketiak dan area lainnya dengan minyak pohon teh atau witch hazel. Minyak pohon teh dapat menjadi antiseptik alami, sedangkan witch hazel membuat pH kulit menjadi lebih anti bakteri.

  1. Ubah Diet Anda

Beberapa makanan dan rempah-rempah dapat menyebabkan bau menyengat melalui pori-pori setelah Anda memakannya, misalnya minuman berkafein, bawang dan bawang putih. Hindari makanan ini karena mempertajam bau tubuh Anda dan pilihlah makanan untuk Diet Sehat Anda.

  1. Pertimbangkan Detox

Jika bau badan sudah menjadi indikasi masalah dalam tubuh, Anda harus mempertimbangkan detoksifikasi. Ada berbagai detoksifikasi yang sesuai. Lakukan sesi teratur di sauna inframerah untuk menghilangkan kotoran beracun dari kulit.

Tags: