Menjaga Kesehatan Otak Demi Masa Depan

Otak adalah organ vital paling penting dalam tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. Otak mengontrol semua fungsi pada anggota tubuh, dan banyak orang bilang bahwa kualitas otaklah yang memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian dan kesuksesan. Otak manusia memiliki 2 bagian, yaitu; otak kanan dan otak kiri. Otak kanan mempunyai peran sebagai bentuk berfikir paralel, kreatif, intuitif, dan imajinatif. Sedangkan otak kiri berperan dalam kemampuan membaca, menulis, menghitung dan fungsi kognitif lainnya. Seharusnya manusia memperlakukan otak lebih baik dibandingkan organ organ vital yang lain agar tetap pada kinerja yang maksimal. Beberapa cara agar otak tetap sehat adalah :

Image: Blogspot
  1. Hindari Rokok dan Narkoba.

Sudah bukan rahasia lagi rokok banyak mengandung racun berbahaya bagi tubuh. Racun pada rokok dapat menurunkan kemampuan belajar, menurunkan daya nalar dan bisa merusak memori pada otak. Selain otak, racun yang terkandung di dalam rokok juga merusak organ – organ lain seperti jantung dan paru – paru.

Narkoba lebih parah lagi. Ada zat adiksi yang terkandung dalam narkoba yang bisa merusak funsi otak bahkan menghancurkan rambu – rambu rasionalitas dan etis.

  1. Tidur Cukup

Selayaknya mesin, otak pun perlu adanya pendinginan yaitu dengan mengistirahatkannya setelah dipacu untuk beraktivitas seharian penuh. Tidur adalah solusi paling tepat untuk mengistiratkan otak manusia. Tidur cukup selama 6 hingga 8 jam akan mengembalikan kondisi otak segar kembali dan siap untuk bekerja secara maksimal. Selain tidur, mendengarkan music, melihat film komedi atau bercanda gurau dengan keluarga dan sahabat juga bisa mengistirahatkan otak, karena saat rileks otak tidak melakukan pekerjaan yang berat – berat.

  1. Pola Makan

Rubah pola makan anda yang terbiasa mengkonsumsi junkfood. Konsumsilah makanan yang bergizi karena otak memerlukan suplay nutrisi yang cukup untuk melakukan pekerjaanya. Namun jangan terlalu banyak makan yang mengakibatkan kegemukan, karena obesitas dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh otak. Biasakan untuk sarapan karena sebelum beraktivitas , tubuh harus mempunyai persediaan energy yang cukup.

  1. Refreshing

Pada dasarnya otak sangat membutuhkan udara segar untuk diambil oksigennya. Refreshing ke pegunungan, perbukitan dan pedesaan bisa memberikan oksigen dengan kualitas yang sangat baik untuk otak. Bila anda tinggal di kota, sebaiknya anda sering menggunakan masker bila beraktivitas di luar ruangan agar udara yang terkena polusi dapat disaring oleh masker sebelum masuk ke tubuh.

Dengan cara – cara di atas diharapkan otak kita bisa selalu dalam kondisi prima setiap saat. Tentunya juga ditambahkan siraman rohani agar kemampuan otak dan hati bisa berjalan beriringan membentuk pribadi yang baik dan tangguh. Semoga tips-tips diatas bisa membantu dan merubah gaya hidup kita demi masa depan.

Tags: