Do It Yourself Italian Tiramisu

Tiramisu adalah salah satu desertasal Italia yang sudah mendunia. Cita rasa manis coklat dan pahit kopi yang tercampur dengan lembut benar-benar memikat lidah baik anak-anak maupun orang dewasa. Di Indonesia pun sudah cukup banyak tiramisu yang dijual di bakeryatau coffee shopdi sekitar kita. Di balik tampilannya yang cantik berlapis-lapis, ternyata kue ini mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Berikut ini kami sajikan resep Italian Tiramisu.

Bahan

6 kuning telur besar

3/4 cangkir gula

3/4 cangkir susu

400 gr keju mascarpone keju

1 1/2 cangkir espresso atau kopi

1/2 cangkir brendi atau cognac

30-32 biskuit berbentuk jari (Savoiardi)

1/4 cangkir coklat bubuk

Coklat pahit batangan

Bahan Italian Tiramisu

Cara membuat

Lapisi loyang 24cm2 dengan bungkus plastik, sisakan bagian menggantung sepanjang 6cm di semua sisi loyang. Siapkan mangkuk besar lalu isi dengan air es.

Membuat custard: Kocok kuning telur dan gula dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panic dengan air mendidih di dalamnya (jangan sampai mangkuk menyentuh air). Kocok sampai gula larut. Masukkan susu sambil terus-menerus dikocok, sampai custard menjadi ringan dan berbusa, sekitar 10 menit.

Angkat mangkuk dari panci lalu rendam separuh dalam air es, kocok terus sampai custard dingin, sekitar 1 menit. Masukan mascarpone dalam mangkuk besar. Tuang custard ke dalam mangkuk mascarpone dengan spatula plastik hingga sedikit tercampur. Kocok hingga bertekstur halus (tidak overmix atau custard akan mengeruh).

Campurkan espresso dan brendi dalam mangkuk rendah. Satu per satu, celupkan Savoiardi dalam campuran espresso sampai terendam tetapi tidak lembek. Tata 5 Savioardi dalam 2 baris di loyang. Ratakan sepertiga adonan custard mascarpone di atas Savioardi. Ulangi pada lapisan kedua Savioardi yang sudah dicelupkan dalam espresso, lalu tatalah dengan arah yang berlawanan dengan lapisan pertama. Lapisi dengan sepertiga adonan custard mascarpone. Ulangi dengan semua sisa Savioardi, bergantian arah. Lapisi dengan adonan lalu taburi dengan coklat bubuk. Tutup dengan bungkus plastik, dinginkan selama sedikitnya 4 jam, atau semalam.

Setelah didiamkan, letakkan piring di atas tiramisu kemudian balikkan tiramisu ke atas piring. Lepaskan loyang dan lapisan bungkus plastik. Letakkan satu lagi piring di atas tiramisu kemudian balikkan kembali sehingga sehingga taburan coklat bubuk berada di sisi menghadap atas. Buang semua bungkus plastik yang tersisa. Sisir coklat pahit batangan menggunakan pisau atau pengupas sayuran hingga berbentuk seperti spiral untuk dekorasi.

Selain menggunakan loyang, tiramisu juga dapat dibuat di dalam gelas untuk satu sajian. Cara pembuatannya sama, Anda hanya perlu menyesuaikan takaran Savioardi dan adonan custard mascarpone yang dimasukkan ke dalam gelas saji. Selamat mencoba!

Tags: